Mahasiswa KKN Undip Berhasil Manfaatkan Komoditas Lokal dalam Bidang Pangan dengan Membuat Selai Jagung

Mahasiswa KKN Undip Berhasil Manfaatkan Komoditas Lokal dalam Bidang Pangan dengan Membuat Selai Jagung

 


wirausahanesia.com - Mahasiswa KKN Tim II Undip memperkenalkan pengolahan selai jagung kepada ibu-ibu PKK dalam kegiatan KKN Expo yang diadakan di Balai Desa Tambakboyo, Kecamatan Pedan, Kabupaten Klaten tanggal 31 Juli 2023. 

Ibu-ibu PKK dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mengunjungi pos-pos secara bergantian. Pada pos 2, ibu-ibu PKK dijelaskan mengenai selai jagung berupa alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat selai jagung, proses pembuatannya, hasil jadinya berupa selai jagung yang telah dioleskan pada roti tawar, dan manfaat dari selai jagung tersebut.

Jagung merupakan komoditas pertanian di Desa Tambakboyo. Biasanya, jagung yang telah dipanen dijual ke tengkulak tanpa dilakukan pengolahan terlebih dahulu. Pengolahan jagung menjadi selai merupakan salah satu upaya untuk memanfaatkan komoditas lokal dan meningkatkan nilai jual produk. 

Selain itu, selai jagung merupakan diversifikasi produk pangan yang dapat memperpanjang umur simpan. Selai memiliki kadar gula yang tinggi sehingga dapat disimpan dalam waktu yang lebih lama. 

Dokumentasi proses pengolahan selai jagung

Proses pengolahan selai jagung cukup mudah. Pertama, jagung dikupas, dibersihkan dengan air mengalir, dan dipipil. Jagung yang sudah dipipil diblender dengan penambahan air. Bubur jagung kemudian dipanaskan dalam wajan selama 10 menit lalu ditambahkan gula pasir, perisa vanila, asam sitrat, dan diaduk hingga merata. Setelah itu, pektin dimasukkan dan diaduk hingga mengental. 

Pembuatan selai dari jagung ini diterima dengan baik oleh ibu-ibu PKK. Penggunaan pektin disoroti oleh ibu-ibu karena biasanya selai nanas dan pepaya tidak memerlukan penambahan pektin. Dalam pembuatan selai jagung, pektin dari luar diperlukan sebagai pembentuk gel. 

Tanpa penambahan pektin, hasil akhir hanya berupa bubur jagung dan bukan selai. Menurut salah satu dari ibu-ibu PKK, selai jagung ini merupakan inovasi yang bagus. Proses pembuatannya juga mudah dan tidak repot. Selain itu, selai jagung bisa digunakan sebagai inovasi untuk isian roti yang ada pada katering milik salah satu ibu-ibu yang menghadiri kegiatan tersebut.