Kreatif, Mahasiswa KKN Undip Ajarkan Siswa MI Mamba’unnidhom Tayu Buat Totebag Ecoprint Ramah Lingkungan

Kreatif, Mahasiswa KKN Undip Ajarkan Siswa MI Mamba’unnidhom Tayu Buat Totebag Ecoprint Ramah Lingkungan

 


Wirausahanesia.com - Pati (06/08/2023) – Bulan Juli 2023 ini merupakan awal masuknya tahun ajaran baru di dunia pendidikan termasuk tingkat sekolah dasar. Salah satu lembaga pendidikan di Desa Bulungan, Kecamatan Tayu Kabupaten Pati yaitu Madrasah Ibtidaiyah Mamba’unnidhom yang terletak di tengah desa. 

Salah satu permasalahan siswa tingkat sekolah dasar saat ini adalah kurangnya kreativitas siswa baik di kelas maupun luar kelas. Pemanfaatan bahan alami sebagai bahan dasar pembuatan kerajinan masih minim digunakan. Ecoprint merupakan teknik batik yang menggunakan tanin atau pewarna alami dari bagian tanaman. Bagian tanaman yang bisa digunakan meliputi akar, batang, dan daun.

Program ecoprint ini telah dilaksanakan di MI Mamba’unnidhom pada Hari Sabtu, 29 Juli 2023 dengan memanfaatkan daun tanaman sekitar seperti daun pepaya, daun singkong, daun jambu biji, dan bunga lavender. Kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas 1 sd kelas 6 dengan perwakilan setiap kelas yaitu 3 siswa dan seluruh anggota KKN Universitas Diponegoro Desa Bulungan.

Tim KKN Undip bersama Siswa-siswi MI Mamba’unnidhom

Ecoprint dapat diaplikasikan di kain batik seperti mori, namun pada program kali ini diaplikasikan pada totebag dengan bahan kanvas dan alat bantu pukul untuk mencetak warna daun yaitu batu dengan permukaan halus. 

Hasil dari ecoprint memiliki nilai ekonomis dan sebagai salah satu upaya dalam pengenalan kerajinan dari bahan alami sedari dini, Dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan mampu melatih skill kreativitas siswa MI Mamba’unnidhom dan mampu menciptakan siswa yang kritis terhadap pemanfaatan potensi lingkungan sekitar.



Penulis
Pramudya Paramita
Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro 
Desa Bulungan 2023