Mau Dapat Cuan? Yuk Ubah Olahan Ikan Jadi Produk Kaki Naga yang Punya Nilai Jual

Mau Dapat Cuan? Yuk Ubah Olahan Ikan Jadi Produk Kaki Naga yang Punya Nilai Jual



wirausahanesia.com - Desa Karangasem, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan (30/07/23) – Pengolahan ikan yang dilakukan oleh masyarakat Desa Karangasem secara umum diolah menjadi ikan goreng, ikan asap, dan ikan kering. 

Diversifikasi pangan adalah program yang mendorong masyarakat untuk memvariasikan makanan pokok konsumsi. Pengembangan diversifikasi pengolahan pangan menunjang ketahanan pangan terutama berkaitan dengan aspek ketersediaan pangan yang beragam, penanggulangan masalah gizi, dan pemberdayaan ekonomi masyarakat baik. 

Kaki naga merupakan salah satu diversifikasi olahan hasil perikanan yang berasal dari campuran daging ikan lumat dengan sedikit tepung dan bumbu. Kaki naga bisanya dimanfaatkan sebagai makanan penunjang atau pelengkap dari makanan pokok.


Kegiatan Demonstrasi dan Pendampingan Pembuatan Produk Kaki Naga


Pengetahuan masyarakat khususnya para ibu-ibu di Desa Karangasem tentang diversifikasi atau penganekaragaman pangan bersumber ikan dan hasil perikanan lainnya masih sangat terbatas, sehingga perlu ditingkatkan melalui pelatihan.

Kegiatan pelatihan dilaksanakan Minggu, 30 Juli 2023 oleh Tim II KKN Universitas Diponegoro, Diqqia Sekar Ardani. Kegiatan ini ditujukkan kepada Ibu-ibu PKK di Desa Karangasem. 

Program kerja berupa pemberdayaan masyarakat melalui sosialisasi dan pendampingan pembuatan produk kaki naga. Kegiatan diawali dengan penjelasan mengenai jenis makanan olahan ikan di Desa Karangasem, berbagai inovasi olahan produk perikanan, dan pemaparan produk kaki naga sebagai ide usaha.

Kegiatan dilanjutkan dengan demonstrasi pembuatan produk kaki naga. Selama demonstrasi berlangsung terlihat antusiasme ibu-ibu PKK dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan selama kegiatan berjalan dan dalam keikutsertaan membantu pembuatan produk kaki naga. 

Melalui kegiatan ini, diharapkan mampu meningkatkan nilai tambah dan variasi dalam menu makanan khususnya olahan ikan serta menjadi alternatif pendapatan dengan menjadikan produk kaki naga sebagai ide usaha.


Penulis: Diqqia Sekar Ardani (26060120140102)
DPL: Ocid Mursid, S.T., M.T.
Lokasi: Desa Karangasem, Kecamatan Talun. Kabupaten Pekalongan