Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Gelar Edukasi Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Sejak Dini

Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Gelar Edukasi Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Sejak Dini

 


wirausahanesia.comPati (24/07/2023) - Salah satu indikator kemajuan dari suatu daerah yakni adanya kemandirian ekonomi masyarakatnya. Setiap daerah pasti memiliki potensi yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraannya, namun kesadaran masyarakat akan pengembangan potensi tersebut masih sangat minim. 

Diperlukan upaya pemberdayaan masyarakat berbasis motivasi agar masyarakat mau dan mampu untuk mengembangkan ekonomi lokal di daerahnya.  Penerapan Kewirausahaan tidak hanya penting bagi orang dewasa namun juga harus dan perlu dipersiapkan sedini mungkin kepada anak-anak dan remaja untuk menjadi bekal dewasa kelak. 

Perbedaan tujuan utamanya adalah bahwa orang dewasa menggunakan pengetahuan ini sebagai langkah untuk memperbaiki dan meningkatkan kondisi perekonomian mereka serta menghasilkan uang secara langsung sementara manfaat bagi anak-anak dan remaja sendiri lebih kepada proses pembelajaran dan menata kepribadian mereka di luar dari pembelajaran normal yang diajarkan oleh guru, orang tua, maupun tutor tambahan melalui pelatihan. 

Dokumentasi Kegiata Edukasi Kewirausahaan oleh Mahasiswa KKN Undip
 

Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro berikan edukasi menumbuhkan jiwa kewirausahaan sejak dini pada hari Jumat, 21 Juli 2023 di SDN Bulungan, Desa Bulungan, Kecamatan Tayu, Kabupaten Tayu. Kegiatan ini mengikutsertakan para siswa-siswi kelas 6 di SDN Bulungan. Sebelum melaksanakan kegiatan ini, mahasiswa KKN melakukan kunjungan ke SDN Bulungan untuk membahas terkait kegiatan, alur, serta waktu pelaksanaannya. 

Kegiatan ini menerapkan beberapa teknik yaitu teknik ceramah dan presentasi, kolaborasi peserta dalam bentuk kerja sama kelompok, simulasi dan bermain peran serta unjuk kebolehan dalam berwirausaha, serta pengenalan UMKM yang ada di Desa Bulungan pada siswa-siswi di SDN Bulungan. 

Para siswa-siswi kelas 6 SDN Bulungan sangat antusias untuk mengikuti kegiatan ini karena edukasi yang diberikan menggunakan audio visual yang dapat dengan mudah dipahami oleh siswa-siswi dan kegiatan ini pun menyelipkan berbagai macam games yang sangat menarik perhatian.

llmu kewirausahaan perlu diajarkan sejak dini agar membentuk mindset wirausahawan di masa depan. Dengan menumbuhkembangkan mentalitas wirausaha sejak dini, terutama di usia muda akan menciptakan tumbuhnya individu-individu yang kreatif dan kaya inovasi dalam menghadapi hambatan-hambatan dan kendala dalam sebuah usaha.



Penulis
Olivia Feby Yohana
Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro
Desa Bulungan 2023