Menarik! Mahasiswa KKN Undip Melakukan Pelatihan Branding Produk UMKM Untuk Meningkatkan Brand Awareness di Desa Sendangrejo Boyolali

Menarik! Mahasiswa KKN Undip Melakukan Pelatihan Branding Produk UMKM Untuk Meningkatkan Brand Awareness di Desa Sendangrejo Boyolali

 


wirausahanesia.com - Brand awareness atau kesadaran merek adalah kesanggupan calon pembeli mengenali, mengingat kembali suatu merek sebagai bagian dari suatu kategori produk atau jasa tertentu yang dikeluarkan oleh suatu usaha. 

Sehingga konsumen dapat langsung mengenali dan mengingat suatu merek hanya dengan melihat sesuatu, baik warna, logo, image, dan apapun yang menggambarkan identitas suatu brand. Setelah melakukan observasi, ternyata terdapat UMKM di Desa Sendangrejo yang masih kurang dalam melakukan branding karena label produk yang kurang menarik perhatian konsumen. 

Selain itu, juga belum ada pembeda yang menunjukkan bahwa terdapat rumah produksi kacang di Desa Sendangrejo. Dengan begitu kesadaran merek/brand awareness masyarakat kurang terhadap UMKM Kacang Oscar D King’s ini. 

Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro, Wahyu Ilham Saputra mengusung program kerja mengenai “Pelatihan Branding Produk Usaha UMKM guna meningkatkan Brand awareness di desa Sendangrejo”. Kegiatan tersebut berlangsung selama 2 hari pada tanggal 28-29 Juli 2023 di rumah produksi UMKM Kacang Oven Oscar D King’s. 

Tujuan program kerja tersebut untuk meningkatkan nilai jual merek dari produk, memudahkan dalam memasarkan produk, meningkatkan kesadaran, membangun kepercayaan dan meningkatkan loyalitas konsumen kepada UMKM Kacang Oven Oscar D King’s.

Dokumentasi pelatihaan dalam pembuatan label produk 
kepada pemilik UMKM Kacang Oven Oscar D King’s. (28/07/23)


Program kerja ini meliputi pemberian materi berupa pengertian brand awareness dan manfaat melakukan branding produk, pelatihan pembuatan label produk yang menarik, pembuatan logo usaha dan pembuatan banner mmt untuk tempat produksi. 

Dengan adanya program kerja ini diharapkan dapat membantu permasalahan yang dihadapi oleh UMKM Kacang Oven Oscar D King’s yaitu dapat meningkatkan brand awareness di Desa Sendangrejo dan sekitarnya. Selain itu, branding produk juga dapat meningkatkan penjualan UMKM Kacang Oven Oscar D King’s.