Tingkatkan Nilai Ekonomis Pisang, Mahasiswa KKN UNDIP Lakukan Pelatihan Pembuatan Banana Nugget

Tingkatkan Nilai Ekonomis Pisang, Mahasiswa KKN UNDIP Lakukan Pelatihan Pembuatan Banana Nugget

 


wirausahanesia.com - Pekalongan (30/07/2023), Pengolahan komoditas hasil pertanian menjadi suatu produk merupakan upaya untuk meningkatkan nilai jual. Pisang merupakan salah satu komoditas yang banyak dihasilkan di Desa Karangasem, umumnya dijual dalam bentuk mentah ataupun hanya diolah secara sederhana menjadi pisang goreng. 

Padahal, pisang dapat diolah menjadi produk lain yang berdaya jual lebih tinggi. Maka dari itu, mahasiswa Tim II KKN Universitas Diponegoro berupaya memperkenalkan variasi olahan pisang, yaitu banana nugget, kepada ibu-ibu PKK Desa Karangasem, Kecamatan Talun. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan inovasi dan minat berusaha warga.

Banana nugget merupakan olahan pisang yang mudah dibuat, membutuhkan bahan-bahan sederhana yang mudah ditemukan, serta menarik untuk dijual. 

Produk ini dapat dijual dalam bentuk siap disajikan dengan tambahan topping ataupun dalam bentuk frozen (ready to cook). Selain dapat menjadi ide usaha, pembuatan banana nugget ini juga dapat menjadi solusi pengolahan pisang yang sudah terlalu matang.

Dokumentasi Pelaksanaan Kegiatan

Kegiatan pelatihan pengolahan pisang menjadi banana nugget dilaksanakan pada hari Minggu, 30 Juli 2023. Pelaksanaan pelatihan diawali dengan penjelasan pendahuluan mengenai pentingnya pengolahan komoditas menjadi suatu produk guna meningkatkan nilai ekonomis. 

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan demonstrasi pembuatan banana nugget hingga menjadi produk jadi. Diberikan pula contoh opsi pengemasan yang dapat dilakukan terhadap produk tersebut. 

Resep dan Foto Produk Banana Nugget


Hasil dari program ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman warga mengenai pentingnya pengolahan komoditas pertanian guna menambah nilai jualnya serta memperkaya inovasi pengolahannya. Dengan demikian, dapat meningkatkan minat usaha yang berdampak pada kemajuan perekonomian rumah tangga di Desa Karangasem.




Penulis: Nisrina Meylisa Adinny
DPL: Ocid Mursid, S.T., M.T.
Lokasi: Desa Karangasem, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan