Kreatif! Mahasiswa KKN Undip Berikan Peluang Usaha Masyarakat Desa Jetiswetan Kabupaten Klaten dengan Memanfaatkan Lidah Buaya sebagai Tanaman Obat Keluarga

Kreatif! Mahasiswa KKN Undip Berikan Peluang Usaha Masyarakat Desa Jetiswetan Kabupaten Klaten dengan Memanfaatkan Lidah Buaya sebagai Tanaman Obat Keluarga

 

wirausahanesia.com - Desa Jetiswetan, Kabupaten Klaten (22/07/23). Lidah buaya adalah tanaman obat keluarga yang memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia. Tanaman lidah buaya bisa tumbuh di daerah tropis dengan sedikit air, selain itu pertumbuhan dari tanaman lidah buaya ini relatif mudah dan cepat. 

Lidah buaya bisa digunakan untuk obat luka, tumor, dan bisa menjadi bahan dasar kosmetik rambut. Banyaknya manfaat dari lidah buaya, menjadikan lidah buaya masuk dalam komoditas pertanian unggulan yang memiliki potensi tinggi dalam ekspor karena dengan melakukan budidaya tanaman lidah buaya bisa menjadi pemasukan tersendiri. 

Mengetahui manfaat lidah buaya sebagai tanaman obat keluarga yang sangat luar biasa, mahasiswi Tim II Universitas Diponegoro bernama Farhani Sulistia dari program studi kimia memberikan pelatihan dan edukasi pembuatan Hair Oil dan Hair tonic dengan memanfaatkan lidah buaya sebagai tanaman obat keluarga yang mudah didapatkan. 

Bahan yang digunakan pada pembuatan hair oil dan hair tonic diantaranya adalah lidah buaya yang sudah dihaluskan, almond oil, coconut oil, air, dan essences lavender. Digunakannya almond oil dan coconut oil pada pembuatan produk karena kedua minyak tersebut memiliki manfaat untuk mengurangi ketombe dan bisa mengatasi kerusakan rambut. 


Dokumentasi pelatihan dan edukasi pembuatan Hair Oil dan Hair tonic


Kegiatan terlaksana dengan lancar, baik, dan dipenuhi antusias ibu-ibu PKK RW 03 Taraman, Desa Jetiswetan, Kecamatan Pedan, Kabupaten Klaten. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya pertanyaan yang masuk dan antusias ibu – ibu untuk membuat hair oil dan hair tonic sendiri karena memiliki bahan utama yang sangat dibutuhkan, serta mengetahui banyaknya manfaat dan cara pengolahan lidah buaya. 

Dengan bisanya masyarakat membuat hair oil dan hair tonic secara mandiri, harapannya masyarakat bisa menjadikan produk ini sebagai konsumsi pribadi dan bisa menciptakan peluang usaha bagi masyarakat Desa Jetiswetan. Hal ini karena tujuan dilakukannya program kerja ini adalah untuk menciptakan peluang usaha dan mengedukasi masyarakat tentang manfaat dari tanaman lidah buaya sebagai tanaman obat tradisional yang mudah didapatkan. 



Penulis: Farhani Sulistia
Lokasi: Desa Jetiswetan, Kecamatan Pedan, Kabupaten Klaten
DPL:
1. Prof. Dr. rer. nat. Ir. Thomas Triadi Putranto., S. T., M. Eng., IPU
2. Dinalestari Purbawati, S. E., M. Si., Akt
3. Fajrin Pramana Putra, S. P., M. Si