Meningkatkan Kesadaran Keselamatan Diri dengan APD Berbasis Sarung Tangan

Meningkatkan Kesadaran Keselamatan Diri dengan APD Berbasis Sarung Tangan

 


wirausahanesia.comDesa Dologan, 21 Juli 2023 - keseharian bekerja yang dilakukan masyarakat penitng sekali didampingi dengan keselamatan diri. Apabila hal itu tidak dijaga maupun dilindungi dapat menyebabkan sesuatu yang merugikan baik untuk diri sendiri maupun untuk lingkungan sekitar. 

Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2012, pengertian keselamatan dan kesehatan kerja atau K3 adalah segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi keselamatan dan kesehatan tenaga kerja melalui upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja. 

Salah satu solusi yang ditawarkan untuk perlindungan diri yaitu digunakannya APD atau Alat Pengaman Diri.Salah satu tempat di desa ini yang perlu diperhatikan terkait tentang K3 yaitu di bengkel las.

Pada Desa Dologan ada salah satu bengkel las yang 3 tahunan sudah berdiri sejak pandemi corona muncul yang dimiliki salah satu warga lokal yang bernama Mas Eko. Setelah kami survei terlebih dahulu ternyata dari para pekerja bengkel belum menggunakan APD yang sudah ditetapkan oleh Kementrian Tenaga Kerja. 

Ada beberapa APD yang tersedia tetapi kurangnya kesadaran menyebabkan kehati-hatian belum muncul. Dari semua pekerja terlihat bahwa semuanya tidak memakai sarung tangan pelindung. Padahal itu dipakai untuk melindungi pekerja khususnya bagian tangan dari percikan api dan panas yang kemungkinan terburuk bisa terjadi pada pekerja.

Dari kami muncul inisiatif solusi hal tersebut yaitu dengan pengunaan sarung tangan pelindung sebagai APD ketika bekerja rutin sebagai pemenuhan prosedur K3. Dari pihak bengkel ternyata belum mempunyai sarung tangan pelindung. 

Pencerdasan juga dilakukan bagi para pekerja agar kesadaran memakai APD muncul.Menurut Mas Eko ”Keselamatan dalam bekerja kadang dilupakan tetapi kehadirannya sangat penting karena salah satu tindakan pencegahan jika terjadi hal terburuk”. Harapan dari Mas Eko selaku pemilik bengkel las yaitu semoga kecelakaan kerja tidak ada sama sekali dan sekalipun ada risiko menurun karena digunakannya APD.