Melihat Banyaknya Pohon Sawo di Sekitar Desa, Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Terinspirasi Mengadakan Pemberdayaan Kelompok Ibu-Ibu Desa Untuk Membuat Selai Sawo

Melihat Banyaknya Pohon Sawo di Sekitar Desa, Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Terinspirasi Mengadakan Pemberdayaan Kelompok Ibu-Ibu Desa Untuk Membuat Selai Sawo

 




wirausahanesia.com Tegal (29/7). Mahasiswa KKN Undip mengadakan program “Pemberdayaan Kelompok PKK Melalui Usaha Kecil Guna Meningkatkan Perekonomian Masyarakat” pada hari Sabtu tanggal 29 Juli 2023. Kegiatan pemberdayaan diadakan di Balai Desa Karangwuluh dan dimulai pada pukul 10.00 WIB. Kegiatan ini dihadiri oleh sepuluh orang perwakilan dari kelompok PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga).

Rangkaian kegiatan pemberdayaan dimulai dari pembukaan oleh MC, dilanjutkan dengan demonstrasi masak, dilanjutkan lagi dengan Penyampaian Materi “Strategi Branding Produk Usaha” dan “Pemasaran Selai Sawo Melalui E-commerce”, lalu dilanjut dengan sesi diskusi dan tanya jawab, dan diakhiri dengan penutupan serta dokumentasi kegiatan. 

Rangkaian kegiatan dari mulai hingga selesai berjalan dengan lancar dan sesuai ekspektasi mahasiswa. Terlihat antusiasme ibu-ibu kelompok PKK sangat tinggi dari awal hingga penghujung acara, terutama dalam sesi diskusi dan tanya jawab, peserta kegiatan sangat aktif berdiskusi dan bertanya.

Kegiatan pemberdayaan ini terinspirasi dari banyaknya pohon sawo di sekitar posko mahasiswa KKN, tepatnya di RW 04 Desa Karangwuluh. Setelah dilakukan observasi dan survei lanjutan, didapatkan informasi bahwa memang di RW 04 tidak sedikit rumah warga desa yang membudidayakan pohon sawo sebagai makanan pokok dan hidangan tamu.

Buah sawo sendiri secara rasa terbilang cukup lezat untuk disantap, serta melimpah akan kandungan yang menyehatkan tubuh seperti Vitamin C dan Vitamin A. Setelah dilakukan analisis pasar, terutama di e-commerce, mahasiswa melihat belum ada satupun merchant yang menjual produk selai sawo. 

Oleh karena itu, para mahasiswa melihat potensi yang cukup besar dalam memberdayakan Kelompok PKK untuk membuat selai sawo, serta penerapan strategi branding dan marketing guna meningkatkan nilai ekonomis produk selai tersebut, sebagai pelengkap kebutuhan pangan dan sebagai sumber penghasilan.

Kelompok PKK sendiri merupakan organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan perempuan untuk berpartisipasi dalam pembangunan kesejahteraan Indonesia. Dan berdasarkan observasi dan survei yang telah dilakukan, Kelompok PKK Desa Karangwuluh terkenal aktif mengikuti berbagai kegiatan desa. 

Hal ini salah satunya karena rata-rata status anggota Kelompok PKK Desa Karangwuluh sendiri merupakan ibu rumah tangga dimana terdapat banyak waktu luang yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan usaha kecil guna meningkatkan kesejahteraan keluarga dan desa. Oleh karena itu, mahasiswa menetapkan sasaran kegiatan ke Kelompok PKK Desa Karangwuluh.



Penulis:
KKN Undip Tim II 2023/2024
Desa Karangwuluh, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal

Dosen Pendamping Lapangan:
Dr. Muchammad S.T., M.T.