Terdapat Peluang Besar, Mahasiswa KKN Undip Berikan Sosialisasi Mengenai Potensi Ekspor Kepada UMKM

Terdapat Peluang Besar, Mahasiswa KKN Undip Berikan Sosialisasi Mengenai Potensi Ekspor Kepada UMKM



wirausahanesia.com - Kaligayam, Kab. Klaten (22/01/2024) – Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan usaha atau bisnis yang dijalankan oleh individu maupun kelompok dalam bentuk badan usaha kecil ataupun rumah tangga. UMKM digalakkan sebagai tombak sektor perekonomian dalam Masyarakat agar muncul sebuah kemandirian dalam mengembangkan usaha Masyarakat serta penggerak sektor ekonomi. 

Pentingnya keberadaan UMKM di sekitar kita perlu diberikan sebuah perhatian lebih demi keberlanjutan dalam perkembangan usaha yang dimiliki oleh masyarakat agar dapat bersaing dan tetap kompetitif di kancah nasional maupun internasional melalui dunia ekspor. Akan tetapi, hinggat saat ini masih kurang terhadap penyadaran dan pelatihan mengenai potensi produk UMKM yang memiliki peluang besar untuk dilakukannya ekspor dan memahami apa itu perdagangan internasional.

Melihat dari permasalahan utama tersebut, Alya Marsela Khairunnisa (21) sebagai Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, jurusan Hubungan Internasional yang tergabung dalam KKN TIM I Universitas Diponegoro 2023/2024 melaksanakan sebuah program kerja berupa sosialisasi mengenai Perdagangan Internasional dan Potensi Ekspor Terhadap Produk Unggulan Desa Kaligayam yang disasarkan kepada penggiat UMKM.

Program ini diadakan pada 22 Januari 2024 pada pukul 12.30-13.30 WIB bertempat di SDN 03 Kaligayam yang berada di Desa Kaligayam, Kabupaten Klaten. Di dalam program sosialisasi tersebut, mahasiswa secara langsung memberikan sosialisasi dan pelatihan guna memberi sebuah pengetahuan ap aitu perdagangan internasional, produk unggulan Indonesia siap ekspor, dan negara potensial dilakukannya kerja sama ekspor. Selain itu, dijabarkan mengenai proses dan persyaratan untuk mengawali proses ekspor tersebut. 
 

Dengan dilakukannya sosialisasi ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran bagi masyarakat umum, khususnya pelaku UMKM untuk lebih meningkatkan usaha mereka sehingga mampu bersaing di skala pasar internasional.



Penulis: 
Alya Marsela Khairunnisa

Dosen Pemimbing: 
Ari Wibawa Budi Santosa, S.T., M.Si.

Lokasi: 
SDN 03 Kaligayam
Desa Kaligayam, Kecamatan Wedi
Kabupaten Klaten

Editor:
Achmad Munandar