Berpotensi Ekspor, Pelaku Usaha UMKM Di Desa Kaligayam Mengikuti Sosialisasi Tahapan Sebelum Memulai Ekspor dan Prosedur Ekspor oleh Mahasiswa KKN TIM 1 Universitas Diponegoro 2023/2024

Berpotensi Ekspor, Pelaku Usaha UMKM Di Desa Kaligayam Mengikuti Sosialisasi Tahapan Sebelum Memulai Ekspor dan Prosedur Ekspor oleh Mahasiswa KKN TIM 1 Universitas Diponegoro 2023/2024

 
Dokumentasi Sosialisasi Pendampingan 
Terhadap UMKM Berpotensi Ekspor

wirausahanesia.comKaligayam, Kab. Klaten (22/01/2024), UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) sangat penting bagi perekonomian Indonesia guna membantu mengatasi berbagai masalah-masalah yang berkaitan dengan ekonomi dan sosial, khususnya permasalahan pengangguran dan pengentasan kemisikinan. Produk-produk UMKM di Indonesia berpotensi menembus pasar eskpor. Akan tetapi, masih banyak yang belum mengetahui bagaimana prosedur ekspor dan mekanisme yang harus dilakukan agar produknya dapat diekspor ke pasar luar negeri.

Melihat permasalahan tersebut, Novia Rahmadina (22) Sebagai Mahasiswa Fakultas Sekolah Vokasi Jurusan D-4 Manajemen dan Administrasi Logistik yang tergabung dalam KKN TIM 1 Universitas Diponegoro 2023/2024 melaksanakan sebuah program kerja berupa sosialisasi Pendampingan Terhadap UMKM Berpotensi Ekspor yang dihadiri oleh pelaku usaha UMKM di Desa Kaligayam.

Program Kerja ini dilaksanakan pada hari Senin, 22 Januari 2024 pukul 12:30-13:30 WIB bertempat di SDN 03 Kaligayam yang berada di Desa Kaligayam, Kabupaten Klaten. Program Kerja ini bertujuan untuk memberi pengetahuan mengenai bagaimana prosedur dan mekanisme dalam melakukan ekspor produk UMKM. 

Selain itu, dalam pemaparan yang dilakukan melalui power point juga dijelaskan bagaimana cara mengembangkan potensi produk eskpor UMKM agar dapat bersaing dalam pasar luar negeri. Tidak hanya itu, dalam pelaksanaan program kerja ini menyiapkan modul yang berisi materi perdagangan internasional, pengelolaan potensi produk ekspor dan juga prosedur serta syarat melakukan ekspor.    

Oleh karena itu, dengan dilakukanya program kerja ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran bagi pelaku usaha UMKM di Desa Kaligayam untuk meningkatan potensi produk agar dapat bersaing di pasar internasional dan memperhatikan tahapan sebelum memulai ekspor. 


Penulis: 
Novia Rahmadina

Dosen Pembimbing: 
Ari Wibawa Budi Santosa, S.T., M.Si

Lokasi: 
SDN 03 Kaligayam
Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten

Editor:
Achmad Munandar