Pemetaan Potensi dan Masalah sebagai bentuk Pengabdian Masyarakat Mahasiswa KKN Tim I Undip 2024 di Desa Burikan

Pemetaan Potensi dan Masalah sebagai bentuk Pengabdian Masyarakat Mahasiswa KKN Tim I Undip 2024 di Desa Burikan

Penyerahan Peta Komik kepada Perangkat Desa Burikan 
Sumber: Dokumentasi Pribadi 

wirausahanesia.comDesa Burikan, Kecamatan Cawas (29/01/2024) Tim 1 KKN Undip 2024 telah  menyelesaikan visualisasi potensi dan masalah yang terdapat di Desa Burikan dengan menggunakan Peta Komik Desa Burikan Kecamatan Cawas. Peta komik yang dimaksud adalah visualisasi wilayah desa Burikan beserta gambaran potensi dan masalah berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan selama berada di Desa Burikan. Dengan tujuan memahami potensi dan masalah desa secara holistik, tim ini menggagas ide inovatif menggunakan Peta Komik sebagai alat visual untuk menyajikan temuan mereka.
 
Peta komik ini merupakan hasil Inovasi dari Harizal Fikra jurusan S1-Oseanografi, Jesica Pinri jurusan D4-Perencanaan Tata Ruang dan Pertanahan, Eni Theresia jurusan S1-Perencanaan Wilayah dan Kota dan Jason Mathias jurusan S1-Teknik Lingkungan Universitas Diponegoro. Program pembuatan peta komik di Desa Burikan diarahkan sesuai dengan tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya pada target kesembilan, yang menekankan pembangunan infrastruktur yang kuat, mendukung industrialisasi yang inklusif dan berkelanjutan, serta mempromosikan perkembangan inovasi.

 
Peta Komik Potensi dan Masalah Desa Burikan
Sumber: Hasil Observasi KKN TIM I Undip 2024

Peta komik potensi dan masalah Desa Burikan yang telah dibuat diserahkan oleh mahasiswa KKN Tim I UNDIP Desa Burikan 2024 kepada bapak Kepala Desa yang diwakili oleh Ibu Dwi dan Mba Ayu pada tanggal 29 Januari 2024 di Kantor Kepala Desa Burikan. Dengan mengetahui visualisasi potensi dan masalah Desa Burikan, perangkat desa bersama dengan masyarakat desa akan menjadi lebih peduli dan merasa bertanggung jawab atas potensi yang dapat dikembangkan serta masalah yang dihadapi. Adanya kerjasama yang baik ini maka kualitas hidup masyarakat desa Burikan akan semakin meningkat.



Editor:
Achmad Munandar