Watch Out Girls! Pentingnya Penyuluhan Mengenai Kesetaraan Gender dan Peningkatan Awareness Terhadap Kekerasan Seksual

Watch Out Girls! Pentingnya Penyuluhan Mengenai Kesetaraan Gender dan Peningkatan Awareness Terhadap Kekerasan Seksual



wirausahanesia.com - Kaligayam, Kab. Klaten (25/01/2024) – Gender merupakan peran bagi laki-laki dan Perempuan yang terbentuk akibat konstruksi sosial atau bentukan masyarakat. Sedangkan kekerasan seksual adalah perilaku merendahkan, menghina, ataupun melecehkan dalam bentuk verbal maupun non verbal. 

Isu gender dan kekerasan seksual masih menjadi perdebatan tiap tahunnya. Adanya kasus yang terjadi di Indonesia, secara khusus di Desa Kaligayam menjadi sebuah pergerakkan awal untuk dilakukannya penyuluhan dan peningkatan kesadaran terhadap isu gender dan kekerasan seksual.

Diangkat melalui kasus tersebut, Alya Marsela Khairunnisa (21) mahasiswa jurusan Hubungan Internasional yang menjadi bagian dalam KKN TIM I Universitas Diponegoro 2023/2024 menjalankan sebuah program kerja berupa penyuluhan guna Memahai Kesetaraan Gender dan Meningkatkan Awareness Terhadap Kekerasan Seksual yang disasarkan kepada anak muda dan anggota Karang Taruna Desa Kaligayam. 
 

Acara ini dilaksanakan pada 25 Januari 2024 pukul 20.00-21.00 WIB bertempat di Posko KKN UNDIP, Dukuh Mindi, Desa Kaligayam. Di dalam rangkaian acara tersebut terdapat penyuluhan mengenai kesetaraan gender dan kekerasan seksual, dilanjutkan dengan sharing session dan tanya jawab. Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan dan kewaspadaan bagi anak muda Desa Kaligayam dalam bergaul dan bersosial.


Penulis: 
Alya Marsela Khairunnisa 

Dosen Pembimbing: 
Ari Wibawa Budi Santosa, S.T., M.Si.

Lokasi: 
Posko KKN UNDIP, Dukuh Mindi
Desa Kaligayam, Kecamatan Wedi
Kabupaten Klaten

Editor: 
Achmad Munandar