Mahasiswa KKN UNDIP Mengubah Paradigma: Kenalkan Aplikasi BukuWarung sebagai Inovasi Pembukuan Keuangan UMKM

Mahasiswa KKN UNDIP Mengubah Paradigma: Kenalkan Aplikasi BukuWarung sebagai Inovasi Pembukuan Keuangan UMKM




Campusnesia.co.idDesa Bumiayu, Kecamatan Selopampang, Kabupaten Temanggung (23/01/2024) – Dewasa ini sering kita jumpai bahwasannya banyak pelaku UMKM di Indonesia tidak peduli dengan catatan keuangan usahanya. Biasanya para pelaku UMKM hanya mencatat keuangannya secara manual yang besar kemungkinan catatan tersebut dapat hilang sehingga menyulitkan pembuatan laporan keuangan. Selain itu, terdapat juga pelaku UMKM yang tidak melakukan pencatatan keuangan usaha sama sekali karena mereka beranggapan usahanya masih tergolong usaha kecil yang tidak memerlukan pembukuan. 

Adanya aplikasi keuangan berbasis digital untuk mengelola keuangan UMKM dapat menjadi solusi karena pengelolaan laporan keuangan menjadi lebih mudah dan efisien. Aplikasi ini juga sangat diperlukan untuk menghemat waktu dan menghindari kehilangan data saat membuat laporan keuangan. 

Warung Bapak Ari merupakan salah satu UMKM di Desa Bumiayu, Kecamatan Selopampang, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. UMKM tersebut masih melakukan pencatatan keuangan secara manual. Berdasarkan permasalahan yang ada, pada Selasa, 23 Januari 2024, Mahasiswa KKN UNDIP TIM 1 2023/2024, Novem Willidena Ramadhan melaksanakan kegiatan Program Monodisplin yaitu Pelatihan Pencatatan Keuangan Sederhana untuk Pelaku UMKM melalui Aplikasi BukuWarung. Dalam pelaksanaan program tersebut mahasiswa mengarahkan pelaku UMKM untuk melakukan pembukuan secara digital menggunakan Aplikasi BukuWarung.

Aplikasi BukuWarung adalah aplikasi pembukuan UMKM yang dibuat dengan tujuan untuk memudahkan pemiliki usaha dalam mencatat pembukuan usahanya. Aplikasi ini dapat digunakan untuk berbagai transaksi keuangan, pencatatan utang dan piutang, pembayaran digital, nota transaksi dan laporan keuangan otomatis, kartu nama digital, dan pengelolaan stok produk. 

Diharapkan dengan adanya pelatihan pembukuan keuangan secara digital melalui Aplikasi BukuWarung ini dapat membantu para pelaku UMKM dalam mencatat keuangan usahanya dan membuat laporan keuangan secara lebih mudah, praktis, efektif dan efisien, hemat waktu dan tenaga.



Penulis: 
Novem Willidena Ramadhan 
Akuntansi/Fakultas Ekonomika dan Bisnis

DPL: 
Dr. Drs. Suroto, M.Pd

Lokasi KKN: 
Desa Bumiayu, Kec. Selopampang, Kab. Temanggung 

KKN TIM 1 Universitas Diponegoro Tahun 2023/2024

Editor:
Achmad Munandar