Mahasiswa KKN UNDIP melakukan Instalasi Fiting Lampu Bersensor Cahaya di Masjid Desa Mandiraja untuk Penghematan Listrik

Mahasiswa KKN UNDIP melakukan Instalasi Fiting Lampu Bersensor Cahaya di Masjid Desa Mandiraja untuk Penghematan Listrik


Pemberian Poster tentang Sistematika dan Spesifikasi Produk


wirausahanesia.comMahasiswa KKN UNDIP Tim 1 2023/2024 telah memberikan kontribusi penghematan listrik di Majisd Desa Mandiraja. Dalam program ini, mahasiswa tersebut memilih untuk memasang fiting lampu bersensor Cahaya guna mengurangi penggunaan energi listrik yang tidak efisien.

Menghemat listrik penting untuk keberlanjutan lingkungan secara jangka panjang. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan lampu secara bijak. Namun, masih banyak yang lalai untuk mematikan lampu yang tidak digunakan. Melalui diskusi dan kerjasama dengan pengurus masjid, mahasiswa melakukan survei untuk menganalisis kebutuhan energi listrik di Masjid. Setelah itu dipilih teknologi fiting lampu bersensor cahaya yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kondisi masjid.

Oleh karena itu, saya Muhammad Ibnu Harist Afandy dari Tim 1 KKN UNDIP membuat poster mengenai Instalasi Fiting Lampu Bersensor Cahaya di Masjid Desa Mandiraja dan cara kerja alat tersebut sebagai output dari program ini. Cara kerja alat ini adalah lampu akan mati ketika sensor mendeteksi adanya cahaya dan lampu akan hidup ketika sensor tidak mendeteksi adanya cahaya.

Melalui program ini diharapkan warga Desa Mandiraja dapat memanfaatkan alat ini sebagai salah satu cara untuk menghemat listrik dan meningkatkan kepedulian terhadap penghematan listrik dengan baik.



Penulis: 
Muhammad Ibnu Harist Afandy
Universitas Diponegoro


Editor:
Achmad Munandar