Cerdas Finansial untuk Keluarga Sejahtera: Mahasiswa KKN UNDIP Beri Edukasi terkait Manajemen Keuangan Rumah Tangga

Cerdas Finansial untuk Keluarga Sejahtera: Mahasiswa KKN UNDIP Beri Edukasi terkait Manajemen Keuangan Rumah Tangga

 


wirausahanesia.comDesa Bumiayu, Kecamatan Selopampang, Kabupaten Temanggung (27/01/2024) – Pengelolaan keuangan merupakan hal penting bagi semua kalangan termasuk ibu rumah tangga. Pengelolaan keuangan dalam keluarga adalah cara mengatur keuangan keluarga dengan sistematis dan cermat meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Cerdas finansial mengacu pada kemampuan manajemen keuangan yang tepat dan sesuai dengan pemenuhan kebutuhan saat ini dan di masa yang akan datang. 

Manajemen keuangan rumah tangga adalah suatu keterampilan yang sangat penting dalam menjaga stabilitas finansial dan mencapai tujuan keuangan jangka panjang. Dengan mempraktikkan prinsip-prinsip manajemen keuangan yang baik, sebuah rumah tangga dapat mengelola pendapatan dan pengeluaran mereka dengan efektif, menghindari utang yang tidak perlu, dan membangun tabungan yang kuat untuk masa depan mereka. Terdapat suatu prinsip dalam mengatur keuangan yaitu prinsip 40/30/20/10. Maksud dari prinsip tersebut adalah mengalokasikan pendapatan sebanyak 40% untuk kebutuhan, 30% untuk utang atau keinginan, 20% untuk tabungan masa depan, dan 10% untuk kebaikan.

Untuk mendorong warga Desa Bumiayu untuk mengelola keuangannya dengan baik dan efektif, salah satu mahasiswa KKN Undip, Novem Willidena Ramadhan, berinisiatif memberikan edukasi mengenai cerdas finansial untuk keluarga sejahtera dan cara pengelolaan keuangan rumah tangga yang efektif. 

Program kerja ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran warga Desa Bumiayu tentang pengelolaan keuangan rumah tangga yang baik sehingga dapat lebih bijak dalam mengambil keputusan keuangan dan terhindar dari utang. Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu, 27 Januari 2024 pada Ibu-Ibu PKK Dusun Gorukem dan Dusun Gergunung di Balai Kepung Dusun Gorukem, Desa Bumiayu. Selain memberikan edukasi terkait pengelolaan keuangan rumah tangga yang efektif, leaflet juga dibagikan kepada seluruh Ibu-Ibu PKK Dusun Gorukem dan Dusun Gergunung. 

Melalui program kerja ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tentang bagaimana mengelola keuangan rumah tangga dengan lebih baik dan efektif. Mahasiswa berharap ibu-ibu di lingkungan setempat dapat memahami cara mengelola keuangan sehari-hari dan mulai membuat anggaran bulanan sehingga dapat mewujudkan keluarga yang lebih sejahtera.




Penulis: 
Novem Willidena Ramadhan
Akuntansi/Fakultas Ekonomika dan Bisnis

DPL: 
Dr. Drs. Suroto, M.Pd

Lokasi: 
Desa Bumiayu, Kec. Selopampang, Kab. Temanggung

KKN TIM 1 Universitas Diponegoro Tahun 2023/2024

Editor:
Achmad Munandar