Keren! Mahasiswa KKN Tematik Undip Membuat Peta Pesebaran Potensi Desa Sebagai Salah Satu Acuan Peletakkan Papan Informasi Wisata Desa Gempol

Keren! Mahasiswa KKN Tematik Undip Membuat Peta Pesebaran Potensi Desa Sebagai Salah Satu Acuan Peletakkan Papan Informasi Wisata Desa Gempol

 


wirausahanesia.comGempol, Kab. Klaten (29 Oktober 2023). Dalam rangka program KKNT yang berlangsung selama 6 minggu di desa Gempol, seorang mahasiswa dari UNDIP telah berhasil menciptakan Peta Potensi Desa yang informatif dan bermanfaat. Proyek ini adalah hasil dari kolaborasi yang erat antara mahasiswa dan warga desa, yang bertujuan untuk mengidentifikasi dan memetakan potensi desa serta pesebaran rencana Pembangunan maket di berbagai titik potensi wisata.

Proyek peta potensi desa menjadi contoh nyata tentang bagaimana kerja sama antara mahasiswa KKN dan warga desa dapat menghasilkan hasil yang bermanfaat. Mahasiswa bekerja sama dengan warga melakukan survey lapangan, wawancara, dan pengamatan langsung untuk mengumpulkan data yang diperlukan. Selain itu warga dan mahasiswa juga bekerja sama untuk memasang maket di beberapa titik yang sudah ditentukan.

Salah satu teknologi yang digunakan dalam pembuatan peta ini adalah Sistem Informasi Geospasial. Teknologi SIG memungkinkan para mahasiswa untuk mengintegrasikan data geospasial yang diperoleh dari peta wilayah, citra satelit, data topografi dan data hasil survey lapangan ke dalam peta potensi desa. Hasilnya adalah peta yang informatif, visual, dan mudah dimengerti yang dapat digunakan oleh pemerintahan desa dan pemangku kepentingan.

 
Peta ini mencakup berbagai informasi seperti titik-titik pemasangan maket yang dipasang oleh mahasiswa KKNT Undip, identifikasi aset buadaya candi yang ada di desa Gempol, informasi tentang infrastruktur penting seperti Pendidikan,tempat penggilingan padi, Pendidikan dan tempat olah limbah dan juga memberikan informasi mengenai lokasi pembuatan demplot yang dilakukan oleh para mahasiswa KKNT UNDIP.

Peta Potensi Desa ini diharapkan akan menjadi alat yang berguna bagi pemerintah desa dalam merencanakan pembanguna desa yang berkelanjutan. Informasi yang terdapat dalam pet aini dapat membantu dalam mengelola sumber daya alam, pelestarian aset budaya dan pengembangan ekonomi lokal.


Tim KKN Tematik UNDIP 2023/2024
Penulis : Sri Wenni Amelia Purba
Fakultas/Program Studi : Teknik/Teknik Geodesi
Dosen Pembimbing Lapangan : Drs. Sunarno, S.Si, M.Si.