Usaha Dekat Kampus Sepi Saat Liburan Semester, Apa yang Harus Dilakukan?

Usaha Dekat Kampus Sepi Saat Liburan Semester, Apa yang Harus Dilakukan?

 



wirausahanesia.com - Saat artikel ini ditulis pada tanggal 10 Januari 2024, kampus Undip sedang libur semester dan sebagian lagi menjalani KKN. Banyak pelaku usaha UMKM yang mengeluhkan omset dan pendapatan mereka menurun baik yang berjenis usaha kuliner, percetakan, jasa seperti ojek online dan masih banyak lagi.

Tak bisa dipungkiri salah satu kekurangan membuka usaha area kampus adalah adanya libur semester yang lama, biasanya kisaran antara 1 hingga 1,5 bulan. Lamanya liburan semester ini dijadikan kesempatan untuk pulang kampung oleh para mahasiswa daripada gabut di Tembalang kecuali bagi mereka yang menempuh KKN, sedang penelitian atau magang.

Jangankan liburan semester, libur akhir pekan saja biasanya sudah terasa. Hari jumat hingga minggu pagi jalanan Tembalang akan lebih sepi dibanding hari kerja dari senin hingga jumat siang. Mudahnya transportasi bisa jadi juga jadi alasan banyak mahasiswa yang pulang sepekan sekali.

Sekarang mari kita bahas solusi apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi sepinya usaha saat liburan semester?


1. Bikin promo diskon
Sobat bisa membuat promo untuk menarik pembeli yang belum pernah pesan atau bagi yang sudah pernah membeli untuk datang lagi. Mungkin margin keuntungannya akan berkurang karena diskon tapi jika jumlah pesananya banyak insyallah hasil akhir untungnya juga akan banyak.



2. Cari customer di luar kampus
Terlalu menggantungkan pembeli di area kampus akan beresiko ketika liburan semester, oleh karena itu ada baiknya juga mencari customer di luar area kampus dengan menyasar segmen yang tidak terpengaruh liburan semester. Misalnya daerah perumahan dan perkantoran.



3. Memaksimalkan jalur jualan online
Tips berikutnya coba maksimalkan jalur promosi dan jualan online, dengan demikia tidak terbatas wialayah tertentu karena jangkauannya luas. Bisa dilakukan dengan organik atau membuat iklan berbayar seperti TikTok Ads, Instagram Ads, Faceebook Ads dan Google Ads.



4. Cari customer dari kampus lain
Biasanya antara kampus satu dengan yang lain berbeda kalender akademiknya, jika satu kampus libur coba promosi di kampus lain yang sedang tidak libur.



5. Saatnya evaluasi
Tidak melulu harus jualan, mungkin memang ada masanya rame dan sepi. Kesempatan ketika pesanan tidak rame ini bisa digunakan untuk evaluasi dan bersiap menghadapi pesanan ketika nanti sudah masuk lagi.


6. Saatnya inovasi
Waktu yang luang bisa juga digunakan untuk inovasi dan membuat program baru, menu baru atau yang lainnya. Trial and error saat sepi pelangan tidak akan mengganggu operasional.



7. Saatnya maintenance
Sepinya jualan bisa dijadikan untuk maintenance alat, mesin, perabotan, bersih-bersih, memperbaiki perlengkapan dan lain-lain. 




Demikian tadi sobat Wirsausahanesia postingan kita kali ini tentang Usaha Dekat Kampus Sepi Saat Liburan, Apa yang Harus Dilakukan?, semoga bermanfaat sampai jumpa.




Penulis
Nandar