Teknologi Semakin Maju, Mahasiswa KKN UNDIP Mengaplikasikan Pentingnya Digitalisasi Desa di Balai Desa Sidorejo

Teknologi Semakin Maju, Mahasiswa KKN UNDIP Mengaplikasikan Pentingnya Digitalisasi Desa di Balai Desa Sidorejo

 


wirausahanesia.comDesa Sidorejo, Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri (26/07/2023) - Kemajuan teknologi yang menghadirkan revolusi industri 4.0 tentu berdampak bagi segala aspek kehidupan masyarakat, baik itu di perkotaan maupun di pedesaan. Di era yang semakin modern ini, mau tidak mau aktivitas masyarakat perlahan-lahan semakin terdigitalisasi, termasuk di Desa Sidorejo. 

Sebagai pusat pemerintahan di desa, aktivitas di balai desa harus menjadi yang pertama dalam memberikan contoh bagaimana digitalisai desa diterapkan. Walaupun perangkat-perangkat desa di Desa Sidorejo sudah sangat mengikuti perkembangan zaman dan tidak kalah dengan perangkat-perangkat di perkotaan, masih terdapat beberapa data di balai desa yang masih berantakan. 

Karena itu, Clara Hony Noveli Marpaung, mahasiswa program studi Statistika Universitas Diponegoro, melakukan program kerja dengan memberikan pengenalan mengenai “Pentingnya Digitalisasi Desa” dan membantu perangkat desa dalam merapikan data-data yang masih berantakan tersebut.

Program kerja ini dilakukan dalam bentuk magang selama satu hari di Balai Desa Sidorejo. Mahasiswa KKN diberikan data “Inventaris dan Penerbitan Aset Desa” yang masih berantakan dalam bentuk file Microsoft Excel oleh Mbak Yuniarsih, selaku Kepala Seksi Pemerintahan Desa Sidorejo. 

Dalam file tersebut, tahun-tahun data yang ada masih dalam keadaan acak dan tidak berurutan. Dengan memanfaatkan fitur yang ada pada Microsoft Excel, mahasiswa KKN berhasil merapikan data tersebut sehingga tahun-tahun yang tadinya acak menjadi berurutan. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu pekerjaan perangkat desa yang kesulitan untuk merapikan data dalam waktu yang singat (secara efisien).

Namun, karena tidak semua perangkat desa memiliki data-data yang perlu dirapikan, mahasiswa KKN memberikan poster “Pentingnya Digitalisasi Desa” yang berisi tentang dampak positif kemajuan teknologi di empat aspek hidupan, yaitu pemerintahan, pendidikan, ekonomi, dan kesehatan kepada semua perangkat desa dengan harapan dapat menambah pemahaman para perangkat desa mengenai pentingnya digitalisasi desa di era digital 4.0 ini.
 

Dengan berlangsungnya program kerja ini, mahasiswa KKN dari Universitas Diponegoro berharap perangkat desa semakin mengerti pentingnya digitalisasi desa dan dapat memanfaatkan kemajuan teknologi dengan baik guna mempermudah aktivitas di desa Sidorejo, terutama aktivitas di Balai Desa.