Bak Peramal, Mahasiswa KKN UNDIP Kenalkan dan Beri Pelatihan “Metode Proyeksi Data” kepada Perangkat Desa Sidorejo

Bak Peramal, Mahasiswa KKN UNDIP Kenalkan dan Beri Pelatihan “Metode Proyeksi Data” kepada Perangkat Desa Sidorejo

 


wirausahanesia.comDesa Sidorejo, Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri – Hidup berdampingan dengan teknologi membuat kehidupan masyarakat ikut mendapatkan dampak dari kemajuan teknologi. Di era revolusi industri 4.0, kemajuan teknologi berinteraksi sangat dalam dengan kehidupan masyarakat, termasuk terhadap pengembangan, penggunaan, dan fungsionalitas segala bidang yang tentu menjadi sahabat masyarakat sehari-hari, data menjadi salah satunya. 

Era big data dan era revolusi industri 4.0 berkaitan erat satu sama lain dan sering kali dianggap sebagai dua fenomena yang beriringan. Keduanya mempengaruhi cara bisnis, teknologi, dan masyarakat secara keseluruhan beroperasi dan berinteraksi. Salah satu hubungan antara kedua era tersebut adalah pengembangan alat analisis data. 

Dari banyaknya kategori analisis data, metode proyeksi data atau yang juga dikenal sebagai peramalan atau prediksi adalah salah satunya. Metode proyeksi data merupakan salah satu aspek penting dari analisis data. Metode ini menggunakan data historis untuk membuat estimasi tentang nilai-nilai masa depan berdasarkan tren dan pola yang telah teridentifikasi dalam data tersebut yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan, perencanaan, dan manajemen risiko.

Sebagai pusat pemerintahan Desa Sidorejo, tentu Balai Desa Sidorejo memiliki berbagai jenis data, baik itu data eksternal maupun data internal. Data-data yang ada tentu dapat diproyeksikan guna mendapatkan gambaran terhadap nilai-nilai dari data tersebut di masa depan. 

Berangkat dari latar belakang tersebut, Clara Hony Noveli Marpaung, mahasiswa KKN dari program studi Statistika membuat program kerja untuk mengenalkan dan memberikan pelatihan mengenai metode proyeksi data kepada perangkat desa di Balai Desa Sidorejo. Aplikasi yang digunakan oleh mahasiswa KKN adalah Microsoft Excel, dimana pada aplikasi tersebut sudah terdapat formula forecasting yang dapat digunakan langsung untuk meramal data.

Program kerja yang dilaksanakan pada hari Jumat, 28 Juli 2023 dimulai dengan memberikan pengenalan mengenai metode proyeksi data kepada perangkat desa terlebih dahulu, kemudian dilanjut dengan memberikan contoh bagaimana formula forecasting pada Microsoft Excel diaplikasikan untuk meramal data. 

Setelah cukup mengerti, perangkat desa yang sudah diberikan pengenalan dan contoh pengaplikasian mencoba memproyeksi data secara langsung. Namun, tidak hanya diberikan pengenalan dan pelatihan saja, mahasiswa KKN juga memberikan poster kepada perangkat desa agar perangkat desa yang belum berkesempatan mencoba proyeksi data bersama mahasiswa KKN dapat mencoba sendiri di kemudian hari.


Kegiatan ini diharapkan dapat berlanjut, dimana para perangkat desa dapat memproyeksi data dengan lancar dan dapat menggunakan hasil proyeksi tersebut dalam mengambil keputusan untuk membuat solusi dan perubahan untuk desa yang lebih baik di masa depan. 

Selain itu, mahasiswa KKN juga berharap para perangkat desa dapat memanfaatkan kemajuan teknologi dan mengaplikasikannya saat bekerja guna meringankan pekerjaan dan mengembangkan desa karena masih sangat banyak teknologi lain yang dapat digunakan untuk menganalisis data, termasuk untuk melakukan metode proyeksi data.