Digital Marketing: Upaya Mahasiswa KKN Undip Dorong Laju Pemasaran UMKM

Digital Marketing: Upaya Mahasiswa KKN Undip Dorong Laju Pemasaran UMKM




wirausahanesia.comTanjung, Boyolali (21 Juli 2023), pemasaran di era globalisasi tidak hanya dilakukan secara tradisional, tetapi juga dapat dilakukan secara digital, misalnya melalui media sosial. Pengaruh media sosial sangat signifikan, dimana saat ini perkembangan teknologi informasi di Indonesia berkembang pesat. 

Namun, masih banyak pelaku UMKM yang belum memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk usahanya, karena belum mengetahui cara menperkenalkan produk mereka di media sosial. Ketidaktahuan UMKM tentang penggunaan media sosial menjadi salah satu penghambat bagi perkembangan UMKM.

Salah satu program monodisiplin mahasiswa KKN Tim II Universitas diponegoro dengan judul “Upaya Peningkatan Pemasaran Melalui Pelatihan Metode Pemasaran Menggunakan Media Sosial dan Internet (Digital Marketing)”. 

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 21 Juli 2023 di rumah kepala dukuh 4 Desa Tanjung. Diawali dengan pemahaman tentang digital marketing kepada pelaku UMKM setempat, dilanjutkan dengan pelatihan tentang pendaftaran serta penggunaan Whatsapp Business sebagai wadah pemasaran produk UMKM yang simpel dan mudah diaplikasikan terhadap pelaku UMKM. Dilanjutkan dengan sesi tanya jawab sebagai kesempatan emas bagi pelaku UMKM mempelajari detail tips untuk meningkatkan laju pemasaran produk mereka.

 
Program ini diharapkan dapat berperan penting dalam upaya meningkatkan laju pemasaran produk UMKM di Desa Tanjung. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi solusi tersendiri guna mewujudkan kesejahteraan pelaku UMKM di Indonesia. 




Penulis: 
Rachel Marcella Sinaga

Jurusan: 
Manajemen

DPL: 
Dr.Ir Baginda Iskandar Moeda T., M.Si., IPM

Lokasi KKN: 
Desa Tanjung, Kecamatan Klego, Kabupaten Boyolali