Penuh inovasi!!! Mahasiswa KKN TIM II Undip adakan sosialisasi mengenai Budidaya Ikan dalam Galon (BUDIDAKLON) untuk Warga Desa Dologan

Penuh inovasi!!! Mahasiswa KKN TIM II Undip adakan sosialisasi mengenai Budidaya Ikan dalam Galon (BUDIDAKLON) untuk Warga Desa Dologan

 


wirausahanesia.comDologan, Karanggede, Boyolali (27/7/2023) – Mahasiswa TIM II KKN Universitas Diponegoro, Sinta Nuriya Rahmawati, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan telah melaksanakan program kerja monodisiplin yaitu sosialisasi tentang Budidaklon (Budidaya Ikan dalam Galon). 

Ikan yang dipilih yakni ikan lele. Hal ini dikarenakan ikan lele merupakan ikan yang mudah beradaptasi di segala kondisi, sehingga perawatan ikan ini juga tidak sulit.

Budidaklon merupakan teknik budidaya ikan ramah lingkungan yang memadukan antara budidaya ikan dan sayuran dengan menggunakan sarana galon sebagai wadah untuk budidaya ikan serta memanfaatkan air sebagai media budidaya untuk tumbuh kembang tanaman sauran. 

Program pelatihan Budidaklon (Budidaya Ikan dalam Galon) juga merupakan salah satu program unggulan dalam bidang perikanan yang berupa pelatihan membudidayakan ikan lele dan sayuran dengan menggunakan media galon. 

Pada bagian bawah (dasar air) digunakan untuk membudidayakan ikan lele, sedangkan pada bagian atas (permukaan air) digunakan untuk budidaya sayuran. Sayuran yang digunakan pada program kerja budidaklon ini adalah selada.

Progam pelatihan budidaklon ini juga bertujuan untuk memberikan solusi atas permasalahan keterbatasan lahan di Desa Dologan yang menyebabkan budidaya ikan menjadi tidak maksimal. 

Program pelatihan ini juga bersifat win-win solution, dimana melalui budidakmber, warga bisa membudidayakan ikan lele sekaligus tanaman selada di waktu yang bersamaan. Adanya program kerja ini juga diharapkan dapat membuka peluang baru bagi warga Desa Doogan, khususnya warga yang memiliki pendapatan di bawah UMR, sehingga pendapatan mereka dapat meningkat.

Kegiatan tersebut dilaksnakan pada hari Kamis, 27 Juli 2023 pukul 19.30 – 20.00 pada saat acara pengajian yasin dan tahlil rutin RT 03, Dukuh Gupak Warak, Desa Dologan, Boyolali. Materi yang dibawakan pada kegiatan sosialisasi ini antara lain pengertian budidaklon, alat dan bahan untuk pembuatan budidaklon, cara pembuatan, alasan menggunakan ikan lele, penyebab ikan lele mati serta tips dan trik budidaya ikan lele yang baik dan benar. Setelah penyampaian materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi bersama