Mahasiswa KKN UNDIP Memanfaatkan Digital Marketing Bantu UMKM Desa Kupu

Mahasiswa KKN UNDIP Memanfaatkan Digital Marketing Bantu UMKM Desa Kupu

 


wirausahanesia.com - Mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP 2022/2023 Desa Kupu Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal, melaksanakan program kerja pelatihan dan pemberdayaan UMKM di Desa Kupu. Mereka memanfaatkan keterampilan digital marketing melalui media sosial untuk membantu para pelaku UMKM agar menjangkau pasar yang lebih luas. 

Rabu, 1 Februari 2023, mahasiswa KKN Undip mengunjungi pelaku UMKM katering di Desa Kupu. Kunjungan tersebut dilakukan guna memulai langkah awal untuk menjalin hubungan kerja sama antara mahasiswa KKN UNDIP dengan pelaku UMKM.

“Iya, jadi kami sudah melakukan survey ke lokasi UMKM untuk mengenalkan diri dan meyampaikan rencana program kerja yang akan kami laksanakan”, ucap Bagus selaku koordinator desa KKN UNDIP Desa Kupu.

Survei yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN UNDIP disambut dengan baik oleh Ibu (NAMA PEMILIK UMKM) pelaku pemilik UMKM katering Dapur Mamanda. Ia tertarik dengan rencana program kerja yang akan dilakukan oleh mahasiswa KKN UNDIP.


Ibu (NAMA PEMILIK UMKM) mengatakan, “Saya senang mahasiswa KKN UNDIP bermaksud untuk membantu Dapur Mamanda dalam pengembangan bisnis kami.”

Progam kerja yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa KKN UNDIP di tempat UMKM yaitu memperluas jangkauan pemasaran produk katering Dapur Mamanda dengan cara memberdayakan media sosial pelaku UMKM.

Mahasiswa KKN UNDIP juga berencana membuatkan banner agar memudahkan calon pelanggan menemukan titik lokasi Dapur Mamanda.

“Jadi rencana progam kerja kami akan membuatkan banner Dapur Mamanda dan kami akan membuatkan template posting dan story yang ada di Instagram”, ucap Annisa, mahasiswa KKN UNDIP Desa Kupu. 

Dengan adanya rencana program kerja itu, pelaku UMKM bisa mengunggah produk kateringnya di sosial media Dapur Mamanda menggunakan template yang menarik. 
Template yang dibuat oleh mahasiswa KKN UNDIP tersebut guna menarik perhatian pelanggan yang melihat media sosial Dapur Mamanda. 

Progam Kerja dilaksanakan dengan proses editing gambar untuk kebutuhan banner, yaitu dengan membuat banner Dapur Mamanda yang di dalamnya meliputi foto produk, logo, akun media sosial, dan lain-lain.

“Kami di sini membuat banner dan template Dapur Mamanda sebaik mungkin supaya terlihat menarik dipandang oleh calon pelanggan Dapur Mamanda. Dengan adanya banner dan template Dapur Mamanda yang menarik, semoga usaha kateringnya dikenal oleh pasar yang lebih luas”, ucap Fiqoh mahasiswa KKN UNDIP Desa Kupu.