Mahasiswa KKN Undip Ajarkan Pentingnya Pembukuan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Bagi UMKM Desa Gombong

Mahasiswa KKN Undip Ajarkan Pentingnya Pembukuan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Bagi UMKM Desa Gombong

 


wirausahanesia.comBatang (31/01/2023),UMKM merupakan singkatan dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Pada dasarnya, UMKM adalah arti usaha atau bisnis yang dilakukan oleh individu, kelompok, badan usaha kecil, maupun rumah tangga. 

Indonesia sebagai negara berkembang menjadikan UMKM sebagai pondasi utama sektor perekonomian masyarakat, hal ini dilakukan untuk mendorong kemampuan kemandirian dalam berkembang pada masyarakat khususnya dalam sektor ekonomi di desa Gombong.

Dimana usaha di desa gombong ini skala yg mana terdiri dari usaha Opak, Kripik, Rengginang, Jamur,dan Baso. Kondisi UMKM Desa Gombong ini sangat menarik untuk dikembangkan melalui data keuangan, sehingga bisa mendapatkan hasil yang baik dan mendapatkan keuntungan yang lebih optimal. 

Pada kesempatan itu, para mahasiswa membantu Masyarakat/Pengusaha Lokal di Desa Gombong untuk mengelola produk UMKM agar produk tersebut lebih maju dan berjalan dengan lancar. Dengan adanya kekurangan dari usaha-usaha di desa ini, mahasiswa KKN Undip  mengadakan sosialisasi.


Salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melatih masyarakat mengelola produk UMKM sesuai dengan ketentuan yang berlaku dengan data perolehan keuangan dan keuntungan dimasa yang akan datang. Dengan yang materi yang disampaikan oleh Anatesa Tilova pentingnya Pembukuan Keuangan Bagi Usaha Mikro,Kecil dan Menengah.