Mahasiswa KKN Tim 1 Undip Memberikan Tips Pengembangan Bisnis Umkm Fashion di Desa Gumalar

Mahasiswa KKN Tim 1 Undip Memberikan Tips Pengembangan Bisnis Umkm Fashion di Desa Gumalar

 


wirausahanesia.com - Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim 1 Universitas Diponegoro 2023 melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Gumalar, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal.

Mahasiswa KKN Tim 1 Undip 2023 menjalankan kegiatan KKN dengan memberikan tips dalam mengembangkan kegiatan usaha kepada UMKM yang terdapat di Desa Gumalar. Kegiatan pemaparan tersebut dilaksanakan pada Sabtu (28/01/23) yang disampaikan kepada 3 pemilik toko.

Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau yang biasa dikenal UMKM dapat ditemui di berbagai daerah khusunya di sepanjang jalan di Desa Gumalar sering dapat kita jumpai, mulai dari berbagai macam bidang dan sektor. 

Usaha Fashion yang bergerak dalam jual beli pakaian akan banyak ditemui di sekitar Balai Deda Gumalar yang menandakan minat warga sekitas akan pakaian cukup tinggi. Oleh karena itu kami mahasiswa KKN UNDIP TIM 1 melakukan kajian lebih dalam mengenai dalam keberjalanan usaha fashion di Desa Gumalar.

Pada acara kunjungan ke setiap UMKM kami melakukann pendekatan secara dua arah dengan wawancara mengenai kendala, segmen pasar yang dituju, dan juga transaksi yang diguanakan. “Saat ini bisnis sudah menggunakan online yang dipasarkan lewat internet, untuk kami sendiri masih terbatas di facebook dan whatsapp pembayaran juga masih tunai. Ingin masuk ke marketplace namun masih belum terlalu paham.” Ujar Pak Husein salah satu owner UMKM Fashion.


Dengan adanya informasi tersebut maka dilakukan bimbingan dengan memberikan pemaparan referensi pengoperasian aplikasi belanja online untuk penjual agar menarik lebih banyak pembeli dengan sasaran yang beragam. Pelaksanakan program dilakukan paparan materi memalui poster yang berisi tentang 4 Tips pengembangan bisnis UMKM. Pelaku UMKM berharap dengan adanya bimbingan ini menjadikan mereka mau untuk bertindak produktif dalam mengembangkan bisnis yang dijalankan.

Kegiatan pemaparan materi kepada UMKM ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan pelaksanaan KKN mahasiswa Undip di Kabupaten Tegal yang dilaksanakan sejak tanggal 3 Januari hingga 16 Februari.