Mahasiswa KKN Undip Bantu Masyarakat Maksimalkan Smartphone untuk Tingkatkan Popularitas Produk Opak

Mahasiswa KKN Undip Bantu Masyarakat Maksimalkan Smartphone untuk Tingkatkan Popularitas Produk Opak

 


wirausahanesia.comSmartphone merupakan sebuah alat elektronik yang selalu digunakan oleh banyak orang, terutama pada era modernisasi. Beberapa fitur yang dapat digunakan oleh pengguna mulai dari komunikasi pribadi, transaksi bisnis, hingga operasi perbankan mendukung dalam kemudahan hidup sehari-hari. 

Penggunaan smartphone juga dinilai lebih praktis dan fleksibel dalam peningkatan informasi serta produktivitas bisnis atau usaha dengan teknologi yang canggih. Teknologi yang tersedia pada perangkat tersebut dapat menjadi solusi bagi para produsen untuk mengembangkan pemasaran produk serta meningkatkan profit dalam usahanya.

Desa Gemuh memiliki berbagai produk unggulan yang berpotensi dalam meningkatkan dan mensejahterakan perekonomian penduduk. Salah satu UMKM atau rumah produksi yang sudah ada sejak lama adalah opak yang diproduksi oleh Bapak dan Ibu Misdi. 


Namun, usaha opak ini masih berupa usaha tradisional yang menggunakan sistem pemasaran manual dari mulut ke mulut dan belum ada branding produk yang lebih luas. Dalam era globalisasi saat ini, penggunaan smartphone perliu dimanfaatkan agar membuat produk yang dihasilkan menjadi lebih menarik dan lebih dikenal masyarakat luas. 

Salah satu Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro, Program Studi S1 Antropologi Sosial, Maulana Krisna Yudanto (21) menciptakan suatu inovasi program yang bertujuan untuk memaksimalkan penggunaan smartphone sebagai alat untuk branding produk pengolahan hasil opak melalui sosial media. Oleh karena itu,  penguasaan smartphone yang baik oleh pelaku usaha bisnis diperlukan agar dapat meningkatkan branding produk usaha yang dimiliki. 

Program ini memfokuskan pada penggunaan smartphone dalam mendapatkan angle foto yang tepat agar hasil foto produk menjadi bagus beserta penggunaan aplikasi edit foto dan video. Selain itu, penggunaan sosial media juga perlu disosialisasikan dengan benar dalam upaya menyebarluaskan produk opak di pasaran. 

Kegiatan tersebut telah dilaksanakan pada tanggal 19 Januari 2023 lalu dan berjalan dengan lancar melalui sosialisasi yang melibatkan kerja sama dengan pelaku usaha opak tersebut. Program ini diharapkan dapat menambah wawasan pelaku usaha di Desa Gemuh, Kecamatan Pecalungan, Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah untuk menggunakan smartphone dan dapat bersaing dalam perkembangan dunia bisnis.