Strategi Memperluas Jangkauan: Mahasiswa KKN UNDIP Membantu Menghubungkan UMKM dengan Konsumen Melalui Google Maps

Strategi Memperluas Jangkauan: Mahasiswa KKN UNDIP Membantu Menghubungkan UMKM dengan Konsumen Melalui Google Maps

 




wirausahanesia.com - Desa Bumiayu, Kec. Selopampang, Kab. Temanggung(23/01/2024) - Di era digital yang semakin berkembang, visibilitas dan aksesibilitas online menjadi salah satu kunci keberhasilan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Salah satu platform yang paling populer dan efektif untuk mencapai hal ini adalah Google Maps. Dengan mendaftarkan lokasi UMKM di google maps, pelanggan dapat dengan mudah menemukan informasi tentang bisnis tersebut, termasuk lokasi, jam operasional, ulasan, foto, dan lainnya. Oleh karena itu, Mahasiswa KKN Tim I Universitas Diponegoro tahun 2024 melaksanakan salah satu program kerja berbasis digital yaitu “Pendampingan Pendaftaran Lokasi UMKM di Google Maps”.

Mahasiswa KKN melakukan kunjungan dan wawancara kepada pelaku UMKM pabrik tempe dan toko kelontong di Desa Bumiayu, Berdasarkan hasil wawancara masih banyak pelaku UMKM yang belum mendaftarkan lokasi bisnis di Google Maps karena tidak mengetahui cara pendaftaran titik lokasi ke Google Maps. Oleh karna itu, mahasiswa KKN memberikan pendampingan mengenai cara mendaftarkan titik lokasi ke Google Maps kepada pelaku UMKM yang nantinya dapat memberikan informasi usaha terkait nama usaha, kategori barang, jam buka, alamat serta nomor handphone. Sehingga dapat membantu usaha tersebut agar mudah diketahui banyak orang dan memudahkan apabila ingin berkunjung ke usaha tersebut.

Dengan mendaftar lokasi di Google maps, UMKM dapat memanfaatkan kekuatan internet untuk meningkatkan visibilitas dan menjangkau pelanggan di ranah digital. Pendaftaran lokasi UMKM di Google Maps adalah langkah penting untuk memperluas jangkauan bisnis mereka secara online dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat.




Penulis: 
Gloria Arroyo Marito Marpaung

DPL: 
Dr. Drs. Suroto, M.Pd.

Lokasi KKN: 
Desa Bumiayu, Kecamatan Selopampang, Kabupaten Temanggung

KKN TIM 1 UNIVERSITAS DIPONEGORO TAHUN 2023/2024

Editor:
Achmad Munandar