Langkah Awal yang Mantap: Mahasiswa KKN UNDIP Membimbing Anak SD Menuju Keselamatan Lalu Lintas dengan Edukasi yang Terukur

Langkah Awal yang Mantap: Mahasiswa KKN UNDIP Membimbing Anak SD Menuju Keselamatan Lalu Lintas dengan Edukasi yang Terukur

 


wirausahanesia.com - Desa Bumiayu, Kec. Selopampang, Kab. Temanggung(19/01/2024) - Ketika kita berbicara tentang keselamatan berlalu lintas, seringkali fokusnya adalah pada aturan dan regulasi yang harus diikuti oleh pengendara. Namun, dibalik kepatuhan terhadap aturan, ada aspek yang tidak kalah penting, yaitu etika tertib berlalu lintas. Etika ini tidak hanya tentang kepatuhan formal terhadap aturan, tetapi juga tentang sikap dan perilaku yang bertanggung jawab di jalan raya.

Terkait keselamatan berlalu lintas, penting bagi siswa Sekolah Dasar (SD) untuk memahami pentingnya memiliki etika tertib berlalu lintas. Ini merupakan masa penting dalam pembentukan sikap dan perilaku berkendara yang aman dan bertanggung jawab di jalan.
Pada 19 Januari 2024, Mahasiswa KKN Tim I Universitas Diponegoro tahun 2024 melaksanakan program kerja berupa “Edukasi Etika Berlalu Lintas” ke siswa SD Negeri 1 Bumiayu, Temanggung. Program kerja ini mengedukasi siswa mengenai etika dalam berkendara, arti rambu-rambu lalu lintas, dan dampak melanggar rambu lalu lintas. 


Edukasi dilakukan dengan melakukan presentasi didukung dengan miniature rambu lalu lintas dan poster rambu-rambu lalu lintas. Selain itu juga mengadakan games tebak-tebakan mengenai rambu-rambu lalu lintas. Hal ini bertujuan untuk mengajarkan keterampilan yang praktis serta menguji seberapa paham mereka tentang edukasi yang telah diberikan.
Melalui edukasi etika berlalu lintas di SD Negeri 1 Bumiayu, diharapkan siswa dapat menjadi pengguna jalan yang bertanggung jawab sehingga dapat menciptakan lingkungan lalu lintas yang aman untuk diri sendiri dan orang lain.




Penulis : 
Gloria Arroyo Marito Marpaung

DPL: Dr. Drs. Suroto, M.Pd.

Lokasi KKN: 
Desa Bumiayu, Kecamatan Selopampang, Kabupaten Temanggung
KKN TIM 1 UNIVERSITAS DIPONEGORO TAHUN 2023/2024

Editor:
Achmad Munandar