Hebat! Mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP Lakukan Pelatihan Efektif sebagai Upaya Penurunan Intensitas Penggunaan Gadget di Desa Mangli

Hebat! Mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP Lakukan Pelatihan Efektif sebagai Upaya Penurunan Intensitas Penggunaan Gadget di Desa Mangli


Edukasi terkait Pengaruh Penggunaan Gadget 
terhadap Kesehatan Mata pada Siswa Kelas 1 dan 2 SDN 01 Mangli, Selasa (23/01/2024)
Sumber: Dokumentasi Pribadi

wirausahanesia.com - Mangli, Pemalang (23-25/01/2024), mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro Semarang menemukan solusi atas meningkatnya penggunaan gadget pada anak sekolah di Desa Mangli sebagai upaya penurunan penggunaan gadget. Berdasarkan survey, anak di Desa Mangli menggunakan waktunya untuk bermain gadget seperti menonton youtube, bermain games, dan lain sebagainya hingga lupa waktu. Mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP membawa program “Pelatihan Efektif sebagai Upaya Penurunan Intensitas Penggunaan Gadget di Desa Mangli” dengan tujuan sasaran adalah anak sekolah dasar kelas 1 hingga 6 SDN 01 Mangli.
 

Penanaman Benih Buah-Buahan dan Tanaman Hias 
pada Siswa Kelas 3 dan 4 SDN 01 Mangli, Rabu (24/01/2024)
Sumber: Dokumentasi Pribadi

Kegiatan dilaksanakan selama 3 hari pada hari Selasa-Kamis, 23-25 Januari 2024 di SDN 01 Mangli. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah edukasi terkait pengaruh penggunaan gadget terhadap kesehatan mata pada siswa dan guru sekolah dasar dengan interaksi dua arah dan menggunakan kalimat yang mudah dipahami, penanaman benih buah-buahan dan tanaman hias guna pengalihan terhadap penggunaan gadget, serta pembuatan diorama rumah tinggal menggunakan stick ice cream. Antusiasme siswa sekolah dasar semakin besar dengan adanya praktik penanaman tanaman hias di luar kelas dan pembuatan diorama rumah tinggal menggunakan stick ice cream yang dapat menumbuhkan kerja sama dalam tim.

 
Pembuatan Diorama Rumah Tinggal menggunakan Stick Ice Cream 
pada Siswa Kelas 5 dan 6 SDN 01Mangli, Kamis (25/01/2024).
Sumber: Dokumentasi Pribadi

Program pelatihan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan lebih dan awareness terkait pengaruh penggunaan gadget yang berlebih terhadap kesehatan mata pada anak. Selain itu, diharapkan anak dapat melakukan kegiatan lain selain penggunaan gadget dalam meningkatkan kreativitasnya.

 

Editor:
Achmad Munandar