Pembuatan Wadah Informasi Digital Pada Peta oleh Tim KKN 1 UNDIP Kelurahan Dukuh

Pembuatan Wadah Informasi Digital Pada Peta oleh Tim KKN 1 UNDIP Kelurahan Dukuh




wirausahanesia.com - Pada tanggal 9 Januari 2023, Mahasiswa Tim KKN I Universitas Diponegoro melakukan penerjunan dalam pelaksanaan Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kecamatan Sukoharjo, Kelurahan Dukuh.

Muhammad Irvan Aryadi selaku anggota Tim KKN Kelurahan Dukuh memiliki inisiatif untuk membantu Kelurahan Dukuh dalam penyediaan informasi yang dapat diakses secara digital. Hal ini didukung oleh hasil diskusi dengan Bapak Lurah (Budhi) dan Sekretaris Kelurahan Dukuh (Dandung) yang membahas mengenai pengadaan peta digital untuk Kelurahan Dukuh.

Wadah informasi digital ini berisi nomor telepon pengurus desa, lokasi UMKM, tempat ibadah, dan lain-lain yang dapat diinformasikan dan diakses oleh masyarakat luas. Perancangan wadah informasi ini didasari oleh sedikitnya informasi yang terdapat dikelurahan yang ingin dikembangkan namun kekurangan inspirasi untuk merealisasikannya.

Peta Wadah Informasi Kelurahan Dukuh ini berupa peta fisik yang disematkan QR-code. Tautan yang terdapat di dalam QR-code mengarahkan pengguna atau masyarakat yang memindainya ke laman Google Sheet yang berisi informasi nomor telepon pengurus desa, lokasi UMKM, tempat ibadah, dan informasi lainnya. Luaran dari perancangan ini adalah peta fisik yang akan di pajang di Kantor Kelurahan Dukuh.

Bapak Budhi selaku lurah Kelurahan Dukuh berharap agar Wadah Informasi ini dapat memudahkan masyarakat Dukuh dan masyarakat umum dalam mencari informasi yang dibutuhkan, seperti nomor kontak bapak RT, RW, ataupun pengurus masjid. Irvan juga berharap dengan adanya Peta Informasi ini dapat berguna dalam aksi cepat tanggap apabila terdapat musibah di Kelurahan Dukuh.




Penulis:
Muhammad Irvan Aryadi

Lurah Dukuh: 
Budhi Purwanto, SH.,M.M

Camat Sukoharjo: 
Havid Danang P.W., S.H., M.H.

Dosen Pembimbing Lapangan : 
1. Prof. Dr. Eng. Agus Setyawan, S.Si., M.Si.
2. Muhammad Azhar, S.H., LL.M

Lokasi: 
Kelurahan Dukuh, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo

Editor:
Achmad Munandar