Mahasiswa KKN UNDIP Tim I 2024 Turut Membantu Dukcapil Kabupaten Temanggung dalam Menerapkan Program Zero Kilometer di Desa Plumbon

Mahasiswa KKN UNDIP Tim I 2024 Turut Membantu Dukcapil Kabupaten Temanggung dalam Menerapkan Program Zero Kilometer di Desa Plumbon

 




wirausahanesia.com - Mahasiswa KKN Tim I UNDIP 2024 turut serta membantu pelaksanaan program Zero Kilometer dari Dukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) Kabupaten Temanggung, yaitu program pelayanan berbasis online dan elektronik yang bisa diakses oleh masyarakat untuk mengurus data kependudukan hanya dari rumah mereka yang di dalamnya memuat kegiatan penuntasan e-KTP (KTP elektronik), AKL (Akta Kelahiran), IKD (Identitas Kependudukan Digital) dengan target 25% per desa, dan KIA (Kartu Identitas Anak). 

Pelaksanaan program diawali dengan kegiatan sosialisasi oleh pihak Dukcapil di kantor Dukcapil Temanggung pada tanggal 10 Januari 2024 untuk memaparkan materi dan arahan teknis kegiatan. Kemudian pihak Dukcapil memberikan data-data yang perlu dituntaskan permasalahannya kepada masing-masing perwakilan desa. Untuk Desa Plumbon sendiri hanya mendapatkan tanggung jawab dalam penuntasan AKL, IKD, dan KIA sedangkan e-KTP tidak ada masalah.

Kegiatan penuntasan AKL di Desa Plumbon dilaksanakan pada tanggal 16 Januari 2024 dengan mendatangi rumah warga yang bersangkutan secara door to door. Kami lalu meminta scan untuk data-data yang dibutuhkan. Kemudian data-data tersebut akan dikirimkan ke pihak Dukcapil via Whatsapp agar diproses lebih lanjut. Terakhir, Dukcapil akan melakukan konfirmasi setelah data diterima.

Kegiatan IKD di Desa Plumbon dilaksanakan pada tanggal 26 Januari 2024 yang bertempat di Balai Desa Plumbon. Kegiatan ini diawali dengan pemberian pengumuman terlebih dahulu oleh pihak Balai Desa menggunakan pengeras suara. Setelah beberapa warga hadir, kami bersama dengan beberapa perangkat desa ikut serta dalam mendampingi para warga untuk melaksanakan aktivasi IKD, mulai dari tahap awal sampai selesai. Di tengah pendaftaran aktivasi IKD, kami juga turut menghubungi pihak Dukcapil dalam menscan barcode pendaftaran. Meskipun IKD Desa Plumbon sebenarnya sudah memenuhi target 25% tetapi pihak Dukcapil meminta mahasiswa KKN UNDIP tetap melaksanakannya. Menurut Ibu Ria Fitria selaku salah satu pengurus Dukcapil Temanggung mengatakan “Untuk aktivasi IKD walaupun sudah mencapai 25%, aktivasi tetap dapat dilakukan karena mulai pertengahan tahun ini IKD akan segera diberlakukan secara nasional”.

Adapun kegiatan KIA di Desa Plumbon dilaksanakan pada tanggal 29 Januari – 5 Februari 2024 melalui kerja sama dengan pihak SDN Plumbon dalam mengkoordinir anak-anak yang belum memiliki KIA. Kami awalnya mendatangi sekolah untuk meminta kepada Kepala Sekolah dan beberapa guru dalam mengumumkan pendaftaran KIA. Persyaratan-persyaratan data yang dibutuhkan antara lain nama lengkap, tempat tanggal lahir, NIK, nomor KK, beserta pas foto anak yang bersangkutan dengan ketentuan background merah bagi tahun kelahiran ganjil dan background biru bagi tahun kelahiran genap. Setelah semua data-data terpenuhi, kami baru akan mengirimkan file dalam format excel yang memuat informasi tadi kepada pihak Dukcapil melalui link yang telah disediakan.

Adanya kegiatan pelaksanaan penerapan program Zero Kilometer ini merupakan bentuk nyata dari kolaborasi antara mahasiswa, perangkat desa, dan masyarakat untuk meningkatkan akses pelayanan publik berbasis teknologi. Dengan begitu, diharapkan masyarakat bisa mengenal lebih jauh tentang sistem kepengurusan digital ini untuk mewujudkan Indonesia yang maju sekaligus mengurangi tindak kecurangan seperti aksi suap oleh berbagai oknum yang kerap terjadi untuk kasus serupa.



Penulis:
1. Andika Purnama Putra (Administrasi Bisnis – FISIP)
2. Putri Hawa Ashila (Arsitektur – FT)
3. Oppy Musi Janetti (Matematika – FSM)
4. Fellycia Andrea Poespa (Manajemen – FEB)
5. Sauzan Zahra Izdiar (Akuntansi – FEB)
6. Nur Rohmatun 'Aliyah (Kesehatan Masyarakat – FKM)
7. Silva Fiqri Ardana (Peternakan – FPP)

DPL (Dosen Pembimbing Lapangan):
Dr. dra. Rr. Hermini Susiatiningsih., M.Si

Lokasi KKN:
Desa Plumbon, Kecamatan Selopampang, Kabupaten Temanggung

Editor:
Achmad Munandar