Mahasiswa KKN UNDIP Upayakan Digitalisasi UMKM Melalui Edukasi dan Pelatihan Social Media Marketing

Mahasiswa KKN UNDIP Upayakan Digitalisasi UMKM Melalui Edukasi dan Pelatihan Social Media Marketing

 


wirausahanesia.comTemanggung (23/01/24) – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim I Universitas Diponegoro memberikan edukasi dan pelatihan penggunakan media sosial kepada pelaku UMKM. Sasaran kegiatan ini adalah pelaku UMKM di Desa Bumiayu, Kecamatan Selopampang, Kabupaten Temanggung. Edukasi dilakukan melalui media leaflet dan penjelasan tata cara penggunaan media sosial seperti WhatsApp Business, Facebook, dan Instagram Business sebagai media promosi dan pemasaran.

UMKM memiliki peran yang sangat penting dalam menggerakkan perekonomian lokal dan memberikan dampak positif bagi masyarakat. Pada era digital ini, media sosial memiliki peran yang penting dalam mempromosikan produk dan memperluas pasar digital. Hal ini terjadi karena terdapat pergeseran kebiasaan konsumen yang menginginkan akses mudah terhadap apa yang mereka inginkan melalui media online. 


Selain sebagai media komunikasi, media sosial juga dapat menjadi media penyebaran informasi produk yang lebih luas dan cepat, mengetahui tren terkeni, dan sebagai media branding serta marketing bagi pelaku usaha.

Kegiatan edukasi ini memberikan gambaran pentingnya social media marketing dan menjelaskan keunggulan dari masing-masing media sosial seperti WhatsApp Business, Facebook, dan Instagram Business. Selain itu, mahasiswa juga memberikan gambaran cara pembuatan konten untuk media sosial menggunakan platform desain yang mudah diakses seperti Canva. Dengan adanya edukasi dan pelatihan ini diharapkan UMKM dapat secara kreatif mengembangkan konten menarik yang kemudian akan meningkatkan penjualan melalui media sosial. 

Strategi social media marketing yang disampaikan kepada pelaku UMKM di Desa Bumiayu mendapat respon positif. Melalui kegiatan ini, diharapkan pelaku UMKM dapat menerapkan digital marketing agar tidak tertinggal seiring dengan perkembangan teknologi.

Penulis: 
Affan Arrosyid

DPL: 
Dr. Drs. Suroto, M.Pd.

Lokasi: 
Desa Bumiayu, Kecamatan Selopampang, Kabupaten Temanggung

KKN Tim I UNDIP Tahun 2023/2024

Editor:
Achmad Munandar