Mahasiswa KKN UNDIP Berikan Edukasi dan Pelatihan Digital Marketing Produk Lokal UMKM Melalui E-Commerce

Mahasiswa KKN UNDIP Berikan Edukasi dan Pelatihan Digital Marketing Produk Lokal UMKM Melalui E-Commerce




wirausahanesia.comTemanggung (25/01/24) – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim I Universitas Diponegoro memberikan edukasi dan pelatihan kepada pelaku UMKM untuk menggunakan media sosial dan E-Commerce sebagai media pemasaran digital. Sasaran kegiatan ini adalah pelaku UMKM di Desa Bumiayu, Kecamatan Selopampang, Kabupaten Temanggung yang memproduksi produk lokal keripik tempe dengan proses pemasaran yang belum menerapkan media digital.

Pemasaran produk lokal UMKM keripik tempe di Desa Bumiayu sejauh ini hanya dilakukan dengan menitipkan produk ke warung-warung sekitar dan tersebar melalui mulut ke mulut. Oleh karena itu, perlu upaya perluasan pasar dari produk UMKM melalui digital marketing. Mahasiswa KKN melakukan edukasi pemasaran digital melalui modul dan memberikan pelatihan cara menggunakan e-commerce Shopee.

Digital marketing menjadi strategi yang dilakukan untuk memasarkan atau mempromosikan produk melalui segala jenis media digital sehingga UMKM dapat memperluas pasar dan memenuhi kebutuhan konsumen pada era digital yang menginginkan akses yang mudah dan cepat untuk mendapatkan produk yang mereka cari. Salah satu platform e-commerce yang banyak digunakan oleh masyarakat adalah Shopee. Platform ini memberikan manfaat yang signifikan bagi pelaku UMKM dalam melakukan penjualan dengan fitur yang lengkap dan mudah digunakan oleh penjual. Manfaat penggunaan platform e-commerce tersebut meliputi akses ke berbagai fitur promosi secara gratis, menggunakan jasa kirim dengan mudah, hingga kemudahan proses penarikan keuntungan.


Modul yang disusun oleh mahasiswa KKN dapat menjadi media untuk panduan penggunaan platform digital marketing Shopee. Kegiatan edukasi ini dilakukan dari mulai mengenalkan pentingnya digital marketing, cara mendaftar akun, upload produk, memproses pesanan, menarik dana dari keuntungan penjual, dan fitur-fitur pendukung lainnya. Selain itu, mahasiswa juga memberikan tips packing untuk pengiriman produk, mengingat produk yang dipasarkan adalah makanan berupa keripik yang membutuhkan packing aman selama pengiriman. Kegiatan ini mendapat respon baik dari pelaku UMKM dan diharapkan dapat mendukung pertumbuhan UMKM lokal di Desa Bumiayu.



Penulis: 
Affan Arrosyid

DPL
Dr. Drs. Suroto, M.Pd. 

Lokasi: 
Desa Bumiayu, Kecamatan Selopampang, Kabupaten Temanggung

KKN Tim I UNDIP Tahun 2023/2024

Editor:
Achmad Munandar