Mahasiswa KKN Undip Melakukan Rancang Atap Bening pada UMKM Aneka Jemuran AJS

Mahasiswa KKN Undip Melakukan Rancang Atap Bening pada UMKM Aneka Jemuran AJS

 



wirausahanesia.com - Pada tanggal 23 Januri 2024 Tim KKN 1 Universitas Diponegoro Desa Kateguhan melalukan rancang atap plastik sederhana kepada Bapak Karno selaku pemilik UMKM “Jemuran AJS” di Desa Kateguhan, Kec. Tawangsari, Kab. Sukoharjo.

UMKM “Jemuran AJS” merupakan UMKM yang bergerak di bidang pembuatan jemuran dengan material aluminum. Berdasarkan hasil observasi, didapatkan  bahwa pada pos pengeringan cat, tidak ada pelindung proses pengeringan dari air hujan ketika sedang terjadi hujan. Maka itu ketika akan terjadi hujan, para pekerja harus memindahkan  produk yang sedang dalam proses pengecatan, ke tempat yang terlindung dari hujan. 

Proses pengeringan cat adalah proses dimana cat yang basah ditaruh di ruang terbuka, dengan tujuan memaparkan produk yang baru saja diberi perlakuan pengecatan terhadap sinar matahari agar cat tersebut mengering. Jika terkena cairan seperti air hujan, maka cat yang sedang mengering akan kembali basah dan luntur. 

Tentu saja proses pemindahan produk yang dikeringkan akibat adanya hujan mengganggu proses produksi dari UMKM “jemuran AJS”. Maka dari itu, Geraldus Divo Ardian Satria, salah satu mahasiswa KKN Universitas Diponegoro membuat rancangan alat pelindung dari plastic yang bertujuan untuk menghalangi air hujan dan tidak memblokir intensitas Cahaya yang diperlukan agar cat mengering.

Dengan adanya alat ini, diharapkan para pekerja di UMKM “Jemuran AJS” tidak perlu melakukan proses pemindahan produk yang terkena hujan. Selain itu, proses produksi UMKM “Jemuran AJS” diharapkan tidak terhambat lagi.


Editor:
Achmad Munandar