Mahasiswa KKN Undip Melakukan Sosialisasi Penggunaan Ultrasonik untuk Pengendalian Hama Tikus di Sawah

Mahasiswa KKN Undip Melakukan Sosialisasi Penggunaan Ultrasonik untuk Pengendalian Hama Tikus di Sawah

 



wirausahanesia.com - Pada tanggal 25 Januari 2024 Tim KKN 1 Universitas Diponegoro Desa Kateguhan melakukan Sosialisasi penggunaan ultrasonik untuk pengendalian hama tikus di sawah kepada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Desa Kateguhan, Kec. Tawangsari, Kab. Sukoharjo.

Tikus sawah merupakan hama padi utama di Indonesia, kerusakan yang ditimbulkan cukup luas dan hampir terjadi setiap musim. Tikus menyerang semua stadium tanaman padi, baik vegetatif maupun generatif, sehingga menyebabkan kerugian ekonomis yang berarti.

Suara ultrasonic merupakan suara yang memiliki frekuensi tinggi diatas 20kHz, dimana manusia tidak bisa mendengarnya, namun beberapa hewan seperti tikus sawah mampu mendengarnya. Untuk tikus sawah sendiri, frekuensi yang “mengganggu” mereka adalah sebesar 40kHz-50kHz.

Maka dari itu, Geraldus Divo Ardian Satria, salah satu mahasiswa KKN Universitas Diponegoro melakukan sosialisasi mengenai teknologi ini kepada gapoktan, sebagai alternatif bagi para petani di desa Kateguhan dalam pengendalian hama tikus. Dengan adanya alat ini, diharapkan para petani desa Kateguhan memahami teknologi baru ini dan kedepannya dapat diimplementasikan secara langsung.



Editor:
Achmad Munandar