Mahasiswa KKN Tim 1 Undip Lakukan Pendampingan Edukasi QRIS Digital Membuka Peluang Baru bagi UMKM di Kelurahan Bulakan

Mahasiswa KKN Tim 1 Undip Lakukan Pendampingan Edukasi QRIS Digital Membuka Peluang Baru bagi UMKM di Kelurahan Bulakan

 




wirausahanesia.com - Bulakan (17/01/2024) - Di tengah pesatnya perkembangan teknologi digital, penerapan sistem pembayaran QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) telah menjadi tren yang signifikan dalam ekosistem bisnis, terutama untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Mahasiswa KKN Tim 1 Undip di Kelurahan Bulakan, membuat sebuah inisiatif pendampingan edukasi tentang QRIS digital untuk memberikan kesempatan bagi pelaku UMKM setempat untuk mengoptimalkan pemanfaatan teknologi tersebut.

Pendampingan edukasi ini bertujuan untuk memperkenalkan konsep QRIS digital kepada para pelaku UMKM di Kelurahan Bulakan, membantu mereka memahami manfaatnya, serta memberikan bimbingan dalam menerapkan teknologi ini dalam operasional bisnis mereka sehari-hari.

Inisiatif pendampingan edukasi ini merupakan ide dari mahasiswa KKN TIM 1 Undip 2023/2024 Kelurahan Bulakan, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo bernama Fidea Hayya Ulya Sabila. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan literasi digital dan kemampuan UMKM dalam memanfaatkan teknologi pembayaran QRIS.

Seri pendampingan edukasi ini dilaksanakan dalam beberapa sesi yang meliputi pemahaman dasar tentang QRIS, cara penggunaannya dalam transaksi, keamanan, dan manfaat ekonomi yang dapat diperoleh oleh UMKM. Setiap sesi dilengkapi dengan demonstrasi praktis tentang bagaimana menerapkan QRIS dalam transaksi sehari-hari.


“Ya, hal ini bisa menjadi tambahan informasi supaya lebih mengetahui bagaimana pembayaran melalui QRIS, dan mungkin kedepannya saya bisa gunakan.” Salah satu respon dari pelaku UMKM di Kelurahan Bulakan terhadap inisiatif pendampingan edukasi ini sangat positif. Mereka menyambut baik kesempatan untuk memperluas cakupan bisnis mereka dengan memanfaatkan teknologi QRIS, yang dianggap lebih efisien, cepat, dan aman dalam melakukan transaksi.


Pendampingan edukasi tentang QRIS digital di Kelurahan Bulakan bukan hanya sekadar memberikan pengetahuan baru, tetapi juga membuka peluang baru bagi pertumbuhan bisnis UMKM setempat. Melalui program kerja dengan menerapkan teknologi QRIS, para pelaku UMKM dapat memperluas jangkauan pasar mereka, meningkatkan efisiensi operasional, dan meningkatkan daya saing mereka dalam industri yang semakin digital ini.


Oleh:
Fidea Hayya Ulya Sabila 
D4 Manajemen dan Administrasi Logistik – Sekolah Vokasi

Dosen Pembimbing Lapangan:
Prof. Dr. Eng. Agus Setyawan, S.Si., M.Si
Muhamad Azhar, SH., LL.M.