Mahasiswa KKN UNDIP Berikan Edukasi Menabung di Instrumen Investasi Demi Keuntungan Masa Depan

Mahasiswa KKN UNDIP Berikan Edukasi Menabung di Instrumen Investasi Demi Keuntungan Masa Depan


Pengenalan instrumen investasi reksa dana oleh mahasiswa Akuntansi Undip 
kepada perangkat Desa Gendoang, Kabupaten Pemalang, Senin (29/01/2024)

wirausahanesia.comMenabung merupakan kegiatan yang sangat berperan untuk menjamin kestabilan keuangan ketika mengalami hal yang tidak diinginkan pada masa mendatang. Melalui kebiasaan menabung, kita dapat mengetahui skala prioritas penggunaan keuangan. 

Sayangnya, kegiatan menabung masih kurang digemari oleh masyarakat Indonesia, terutama para  perangkat desa di Desa Gendoang, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang. Hal tersebut dikarenakan rendahnya kesadaran masyarakat desa tentang pentingnya investasi jangka panjang.

Gabriele Aldo selaku penyelenggara program kerja menjelaskan bahwa kegiatan menabung masih kurang digemari oleh masyarakat Desa Gendoang karena mereka tidak merasakan keuntungan secara langsung dari menabung itu sendiri. Meskipun begitu, para perangkat desa sadar bahwa sebenarnya mereka harus memiliki tabungan guna menghidupi masa depan saat pensiun.

Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, pada 29 Januari 2024 tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Univesitas Diponegoro (Undip) memberikan edukasi kepada perangkat desa mengenai instrument investasi untuk menabung yang memberikan manfaat lebih. Instrument investasi yang dikenalkan adalah reksa dana sebagai wadah penghimpunan dana dari masyarakat untuk diinvestasikan dalam Portofolio Efek oleh Manajer Investasi.

Keuntungan dari reksa dana adalah meningkatnya nilai seiring berjalannya waktu sehingga jumlah uang yang diinvestasikan tentu juga bertambah. Bertambahnya uang yang diinvestasikan pada reksa dana membuat uang yang disimpan juga mengalami kenaikan nilai agar tidak termakan oleh inflasi. 

Keuntungan dari edukasi yang diberikan menarik antusias perangkat desa untuk menabung secara rutin di reksa dana dan berharap uang yang ditabung selama usia produktif dapat menghidupi kehidupan mereka di masa pensiun.



Penulis: 
Gabriele Aldo Utama
KKN UNDIP TIM I 2024 Desa Gendoang 
Kecamatan Moga Kabupaten Pemalang
Jurusan Akuntansi, Universitas Diponegoro

Editor:
Achmad Munandar