Mahasiswa KKN UNDIP Tim I 2023/2024 Bantu Desa Legoksari Mewujudkan “Desain Menara Mushola dan Proposal Pembangunan Mushola”

Mahasiswa KKN UNDIP Tim I 2023/2024 Bantu Desa Legoksari Mewujudkan “Desain Menara Mushola dan Proposal Pembangunan Mushola”

Serah Terima Proposal Pembangunan Merara Mushola Desa Legoksari dibuat oleh Zahra Dyah Febriarti, Mahasiswa KKN UNDIP Tim I Tahun 2023/2024 dengan Ketua Panitia Pembangunan Mushola


wirausahanesia.com - Desa Legoksari merupakan wilayah pedesaan yang terletak di Kecamatan Tlogomulyo, Kabupaten Temanggung. Desa Legoksari kini tengah mempersiapkan upaya meningkatkan fasilitas ibadah bagi warganya. Dengan adanya pembangunan Mushola sebagai sarana ibadah bagi masyarakat desa. Maka diperlukan desain Mushola yang sesuai dengan potensi dan masalah yang ada pada desa tersebut. Untuk membantu perkembangan desa terutama dalam bidang infrastruktur untuk kemajuan desa maka diperlukan fasilitas umum seperti tempat ibadah yang nyaman serta dapat membantu aktifitas religi bagi masyarakat desa. Serta di perlukannya rancangan proposal secara rinci agar dapat memenuhi kebutuhan ruang dan anggaran biaya bahan material yang akan diperlukan. 

Zahrah Dyah Febriarti, salah satu mahasiswa KKN UNDIP Tim I Tahun 2023/2024 dengan melihat peluang yang ada, membuat Rancangan Desain Mushola serta Proposal Pembangunan Menara Mushola Desa Legoksari. Perancangan Desain Mushola ini dikerjakan secara Bersama oleh panitia Pembangunan mushola. Serta proses diskusi untuk menyamakan pendapat dilakukan secara cermat dan transparan.

Perancangan desain Musholla dilakukan dengan obsevasi langsung ke tapak mushola untuk mecari data-data yang diperlukan kemudian mencari referensi dan diolah sehingga menghasilkan data berupa 2D dan 3D desain musholla sesuai dengan kebutuhan yang ada pada bangunan. Serta membuat daftar spesifikasi bahan yang dibutuhkan untuk data proposal serta anggaran pekerjaan. Selanjutnya dilakukan penggambaran desain secara detail arsitektural untuk bahan penyusunan proposal pembangunan berdasarkan hasil desain yang diinginkan oleh panitia pembangunan musholla.
 
Proposal pembangunan menara mushola telah dibuat secara komprehensif, mencakup latar belakang proyek, maksud dan tujuan proyek, deskripsi rinci mengenai desain dan struktur menara, serta manfaat yang diharapkan. Selain itu, proposal juga mencantumkan jadwal pelaksanaan dan tahapan proyek agar dapat memberikan gambaran jelas kepada pihak yang terlibat.

Dalam suasana kebersamaan dan semangat gotong royong, warga desa Legoksari berharap proyek pembangunan menara mushola ini tidak hanya menjadi sarana ibadah yang nyaman, tetapi juga menjadi simbol kebersamaan dan kemajuan desa.



Editor:
Achmad Munandar