Langkah Pertama Untuk Pertolongan Pertama

Langkah Pertama Untuk Pertolongan Pertama




wirausahanesia.com - Jetis, Kab Temanggung (24/1/24) Pertolongan pertama yaitu pemberian pertolongan segera kepada penderita sakit/ cedera atau kecelakaan yang memerlukan penanganan medis dasar. Hal tersebut bertujuan untuk menyelamatkan jiwa penderita, mencegah cacat, memberikan rasa nyaman dan menunjang proses penyembuhan. 

Pertolongan pertama yaitu keterampilan yang penting bagi semua orang, termasuk ibu-ibu, karena mereka sering kali menjadi orang pertama yang merespons keadaan darurat dalam kehidupan sehari-hari. 

Program kerja ini dilaksanakan oleh Mahasiswa KKN Undip, dalam pelaksanaanya diawali dengan memberikan materi yang dilanjutkan dengan pelatihan dan pendampingan pertolongan pertama. Pelatihan yang diberikan merupakan cedera yang sering terjadi di kehidupan sehari-hari seperti mimisan, luka bakar dan lain-lain. Ketercapaian kegiatan terlihat dari sesi tanya jawab yang dilakukan antara mahasiswa dengan ibu-ibu kader kesehatan.

Setelah dilakukannya program kerja ini diharapkan dapat memberikan bantuan yang lebih efektif dan tepat saat dibutuhkan. Selain itu juga dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat setempat. Dengan pengetahuan yang diperoleh dari pelatihan ini, ibu-ibu kader kesehatan akan menjadi lebih siap dalam menghadapi berbagai keadaan darurat dan ini akan meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat.



Penulis: 
Andriea Windriasti
Kesehatan Masyarakat

Editor:
Achmad Munandar