Mahasiswa KKN Undip Tim I 2024 Membantu Program 0 KM Dukcapil di Desa Kebonagung, Memudahkan Urusan Administrasi Kependudukan hanya dari Rumah

Mahasiswa KKN Undip Tim I 2024 Membantu Program 0 KM Dukcapil di Desa Kebonagung, Memudahkan Urusan Administrasi Kependudukan hanya dari Rumah




wirausahanesia.com - Desa Kebonagung, Kecamatan Selopampang, Kabupaten Temanggung (10/01/2024) - Mahasiswa KKN Tim I Universitas Diponegoro berpartisipasi membantu salah satu program Dukcapil, yaitu Program 0 KM. Pelaksanaan kegiatan dimulai dengan sosialisasi oleh Dukcapil mengenai program 0 KM. Kemudian, dilanjutkan dengan diskusi dan pemaparan program oleh Tim KKN Undip kepada perangkat Desa Kebonagung. 

Diskusi bersama perangkat desa menghasilkan kesimpulan bahwa Desa Kebonagung telah memenuhi target yaitu 25%. Sehingga dalam kebelanjutan pelaksanaan program, Tim KKN Undip Desa Kebonagung membantu dalam sinkronisasi dan penambahan anggota baru pada APDK. APDK ini disiapkan langsung oleh Dukcapil untuk membantu tugas administrasi data kependudukan. Pada input anak baru lahir, maka akan ditambahkan sebagai anggota keluarga baru pada APDK. Input orang meninggal dan pindah keluar Desa Kebonagung, akan menghapus data dari APDK. Sedangkan untuk penduduk pindah atau datang ke Desa Kebonagung, akan ditambahkan sebagai KK baru.

Program Dukcapil menghadirkan hal positif yaitu pelayanan “realtime” atau ketepatan pada seluruh layanan kepengurusan administrasi kependudukan. Dengan kemudahan layanan tersebut, masyarakat dapat mengurus administrasi kependudukan secara efektif dan efisien, serta menciptakan sinergitas dan hubungan baik seluruh elemen masyarakat.




Penulis:
1. Adelina MGD Nainggolan (Akuntansi – FEB)
2. Ainun Hidayah (Teknik Sipil – FT)
3. Aisyah Zahra Difa’ul Haq (Arsitektur – FT)
4. Hilyatul Aulia El Azizi (Matematika – FSM)
5. Ibnu Achmad Fauzan (Peternakan – FPP)
6. Lailatul ‘Aziizah (Akuntansi – FEB)
7. Shiva Ayesha (Sejarah – FIB)

Dosen Pembimbingan Lapangan: 
Dr. dra. Rr. Hermini Susiatiningsih., M.Si

Lokasi KKN: 
Desa Kebonagung, Kecamatan Selopampang, Kabupaten Temanggung

Editor:
Achmad Munandar