Guna Meningkatkan Kesiapsiagaan Masyarakat, Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Lakukan Pelatihan dan Pendampingan Penggunaan APAR

Guna Meningkatkan Kesiapsiagaan Masyarakat, Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Lakukan Pelatihan dan Pendampingan Penggunaan APAR

 


wirausahanesia.com - Jetis, Kab. Temanggung (19/1/2024) - Kebakaran merupakan bencana yang bisa terjadi dimana saja. Oleh karena itu, penting untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan yang tepat dalam penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Kali ini akan dilakukan bagaimana pelatihan dan pendampingan dalam penggunaan APAR sehingga dapat membantu meningkatkan keselamatan masyarakat Jetis dalam menghadapi situasi darurat seperti kebakaran.

Setelah melakukan survey dan pengamatan di Desa Jetis, diketahui kurangnya keterampilan masyarakat Jetis dalam mengoperasikan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Hal ini menimbulkan keprihatinan karena APAR merupakan salah satu alat yang sangat penting untuk memadamkan kebakaran dan mengurangi risiko kerusakan yang disebabkan oleh api.

Program kerja ini dilaksanakan oleh mahasiswa KKN Undip kepada perangkat desa untuk memberikan pelatihan dan pendampingan meliputi tata cara penggunaan APAR yang benar, inspeksi APAR, pemasangan dan perawatan APAR. Selain memberikan informasi secara langsung kepada peragkat desa, materi edukasi berupa modul yang informatif dan mudah dipahami tentang APAR juga diberikan.

Harapannya masyarakat desa dapat memahami bagaimana cara menggunakan APAR dengan benar saat terjadi kebakaran. Hal ini diharapkan dapat membantu mengurangi risiko kerusakan yang disebabkan oleh kebakaran di Desa Jetis dan daerah sekitarnya.



Penulis: 
Andriea Windriasti
Kesehatan Masyarakat

Editor:
Achmad Munandar