Green Marketing: Program Mono-Disiplin Pengaplikasian Green Marketing di Desa Kacepit (Angkringan Babaturan) - TIM I KKN Desa Kacepit 2023/2024

Green Marketing: Program Mono-Disiplin Pengaplikasian Green Marketing di Desa Kacepit (Angkringan Babaturan) - TIM I KKN Desa Kacepit 2023/2024

 


wirausahanesia.comDalam rangka Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro, mahasiswa TIM I KKN Desa Kacepit 2023/2024 turut berkontribusi dalam mendukung praktik pemasaran berkelanjutan atau yang lebih dikenal sebagai green marketing di Desa Kacepit. Program pelatihan dan edukasi khusus yang diselenggarakan ini difokuskan pada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), terutama yang beroperasi di Angkringan Babaturan.

Terletak di Kuweron, Selopampang, Temanggung, Desa Kacepit menghadapi permasalahan serius terkait sampah, termasuk masalah belum adanya Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dan tingginya kecenderungan masyarakat membuang sampah di sungai. Dalam konteks ini, Khulaila Asna, Mahasiswi  KKN Universitas Diponegoro TIM I memberikan pelatihan mono disiplin dengan fokus pada penerapan green marketing di Angkringan Babaturan.
 
Program ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan minat pelanggan dan memperbaiki citra bisnis, tetapi juga untuk mengatasi permasalahan lingkungan yang dihadapi Desa Kacepit. Dengan bimbingan mahasiswa KKN, Babaturan diajarkan untuk mengadopsi praktik ramah lingkungan, termasuk penggunaan sedotan bambu, gelas bambu, serbet dari kain perca, serta penggantian kantong plastik dengan paper bag atau plastik biodegradable.

Keterlibatan mahasiswa Universitas Diponegoro TIM I dalam memimpin inisiatif ini memberikan dimensi pendidikan yang nyata dan berdampak positif pada keberlanjutan lingkungan di Desa Kacepit. Melalui kerjasama ini, diharapkan tercipta solusi yang berkelanjutan dan memberdayakan UMKM lokal sambil merespons tantangan lingkungan yang dihadapi oleh desa ini.



Editor:
Achmad Munandar