Membantu Kemudahan Pembelajaran Matematika, Mahasiswa KKN UNDIP Melakukan Pelatihan Teknik Jarimatika kepada Murid di MI Nurul Islam Salamrejo

Membantu Kemudahan Pembelajaran Matematika, Mahasiswa KKN UNDIP Melakukan Pelatihan Teknik Jarimatika kepada Murid di MI Nurul Islam Salamrejo

 
Pelatihan Teknik Jarimatika 
kepada Siswa Kelas IV MI Nurul Islam Salamrejo (17/01/2024)
Sumber: Dokumentasi Pribadi


wirausahanesia.comMahasiswa KKN Tim I Undip, Fadilla Fortuna dari Prodi Matermatika Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro melaksanakan program kerja “Pelatihan Teknik Jarimatika” kepada Siswa Kelas IV dan VI MI Nurul Islam Salamrejo. Pelaksanaan program ini didukung oleh seluruh guru di sekolah dalam rangka pengoptimalan pembelajaran matematika di sekolah.

Pelatihan teknik jarimatika bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung terutama pada operasi penjumlahan dan perkalian dengan mudah dan cepat. Dengan adanya pelatihan jarimatika yang dilakukan akan membantu meningkatkan aktivitas, motivasi, dan minat siswa dalam pemahaman belajar matematika pada operasi penjumlahan dan perkalian. 

Pelatihan teknik jarimatika di MI Nurul Islam Salamrejo dilaksanakan pada Rabu, 17 Januari 2024 dengan kelompok sasaran kelas IV dan VI. Pelatihan ini diselenggarakan sebagai respons terhadap hasil wawancara dengan beberapa guru yang menyampaikan bahwa operasi bilangan khususnya perkalian dan pembagian merupakan operasi bilangan yang sulit dipahami siswa. Maka dari itu, Fadilla Fortuna melaksanakan program ini sebagai gerakan tindak lanjut dari permasalahan yang diterima.

Metode yang digunakan dalam pelatihan teknik jarimatika adalah pemaparan materi mengenai teknik jarimatika yang benar, pemberian contoh soal, serta games soal matematika. Pelaksanaan program berjalan dengan baik, para murid sangat antusias dalam bermain games dan dapat memahami dengan baik teknik jarimatika yang diajarkan. Setelah pelaksanaan pelatihan jarimatika, Fadilla Fortuna memberikan modul kepada wali kelas IV dan VI sebagai pelengkap untuk pemahaman pembelajaran murid di sekolah.



Editor:
Achmad Munandar