Siap Hadapi Serangan Siber, Mahasiswa KKN UNDIP Berikan Edukasi Pentingnya Etika Berinternet dan Penanganan Menghadapi Serangan Siber

Siap Hadapi Serangan Siber, Mahasiswa KKN UNDIP Berikan Edukasi Pentingnya Etika Berinternet dan Penanganan Menghadapi Serangan Siber

 


wirausahanesia.comPerkembangan teknologi semakin berkembang pesat dan setiap orang diharuskan untuk bisa beradaptasi. Bagi beberapa orang mungkin akan mengalami kesusahan untuk mengikuti perkembangan teknologi yang begitu cepat ini. 

Di era digital sekarang ini yang mana internet adalah bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari membawakan tantangan untuk bisa memanfaatkan dengan bijak, baik, dan aman. Masalah-masalah seperti penyebaran berita hoaks, kebocoran informasi pribadi, dan ancaman serangan siber semakin meresahkan masyarakat. Desa Sendangrejo, sebagai salah satu desa di Kecamatan Klego, Boyolali, tidak luput dari dampak perkembangan teknologi dan ancaman di era digital ini.

Menyadari pentingnya peran teknologi dalam kehidupan saat ini, serta mengantisipasi risiko-risiko yang terkait dengan penggunaan internet, mahasiswa tim II KKN UNDIP turut berperan aktif dalam membantu pendidikan dan sosialisasi demi meningkatkan kesadaran pentingnya etika dalam berinternet, keamanan digital, dan kesiapan dalam menghadapi serangan siber di Desa Sendangrejo. Program tersebut diadakan pada tanggal 18 dan 25 Juli 2023 yang dihadiri oleh sejumlah perangkat desa mulai dari ketua RT, ketua RW, Bayan, kelompok tani, pelaku usaha UMKM, dan warga sekitar. 



Dalam pelaksanaannya, pendekatan ke masyarakat diberikan dengan mengajukan beberapa pertanyaan terkait penggunaan internet dan kebiasaan mereka dalam penggunaannya untuk memahami situasi awal sekaligus menyusun strategi edukasi yang tepat. 

Selanjutnya, masyarakat diberikan sosialisasi mengenai etika dalam berinternet baik, cara penggunaan yang tepat, berhati-hati dalam menerima dan membagikan informasi, dan kewaspadaan terhadap ancaman yang selalu ada di dunia teknologi. 

Setelah itu, masyarakat diberikan sosialisasi untuk diajak aktif dalam menjaga data pribadi masing-masing yang mana sekarang ini sering terjadi kebocoran dan penyalahgunaan data pribadi untuk hal yang tidak baik yang dapat mengancam kehidupan seseorang. Di akhir program, masyarakat diberikan sosialisasi dan edukasi dalam menghadapi berbagai serangan siber mulai dari kasus penipuan, spam, phising, dan lainnya. 

Kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan memperoleh tanggapan baik dari masyarakat dan perangkat desa. Dengan diadakannya program ini, harapannya masyarakat dapat menjadi lebih sadar, bijak, dan berhati-hati dalam penggunaan internet.




Penulis
Dimas Wahyu Ardiyanto