Memperluas Pemasaran Produk, Mahasiswa KKN UNDIP Ajak UMKM Desa Sendang Mengenal Digital Marketing

Memperluas Pemasaran Produk, Mahasiswa KKN UNDIP Ajak UMKM Desa Sendang Mengenal Digital Marketing



wirausahanesia.comBoyolali - Pada era digital yang semakin berkembang pesat saat ini terdapat peluang bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk mencapai kesuksesan di pasar global, namun pelaku UMKM di Desa Sendang masih bergantung pada penjualan secara langsung baik itu di pasar maupun berkeliling. 

Hal tersebut membuat pendapatan UMKM di Desa Sendang menjadi sedikit. Seperti yang di alami oleh UMKM kripik singkong Pak Mulyono. Pak Mulyono adalah pemilik dari usaha kripik singkong yang berada di desa Sendang, Boyolali. Selama ini dalam memasarkan produk kripik singkong, Pak Mulyono hanya mengandalkan berjualan secara langsung seperti berkeliling dan berjualan di samping toko KN Jaya dan menawarkannya di tetangga sekitar. 

Hal ini membuat Fatma Chairunnisa peserta KKN dari UNDIP tergerak untuk memotivasi serta mengajarkan bagaimana cara melakuakan digital marketing untuk UMKM kripik singkong Pak Mulyono. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat, 28 Juli 2023 dan adanya kegiatan ini diharapkan UMKM kripik singkong Pak Mulyono dapat mengembangkan pasarnya menjadi jauh lebih luas dan bisa membantu meningkatkan pendapatan.

Materi yang diberikan kepada pelaku UMKM disampaikan seringkas-ringkasnya sehingga UMKM dapat dengan mudah mengerti dan memahami serta mampu mengaplikasikan secara langsung dengan apa yang telah di ajarkan.

Pelaku UMKM diberikan materi terkait memanfaatkan media sosial sebagai peluang usaha dan sebagai media pemasaran untuk produk mereka. Tidak hanya itu pelaku UMKM juga dilatih untuk bagaimana memaksimalkan media sosial dalam pengembangan bisnis.



Dalam pengembangan UMKM di mulai dengan pembuatan desain logo yang sebelumnya belum ada. Logo sendiri sangat penting karena logo adalah identitas atau pun penanda dari UMKM agar bisa dibedakan dan mudah dikenali oleh konsumen. Setelah pembuatan materi dilanjutkan dengan pembuatan akun Instagram bisnis sebagai pengembangan UMKM dan untuk memperluas pasar

Pendampingan pada UMKM yang dilakukan mendapatkan respon positif dari Pak Mulyono sebagai pelaku UMKM. Pak Mulyono selaku pemilik UMKM merasa sangat terbantu dengan adanya mahasiswa dari UNDIP mau memberi materi dan mengajarkan bagaimana memanfaatkan digital marketing UMKM miliknya.

“Saya merasa sangat terbantu dengan adanya program yang di ajarkan, menurut saya program tersebut membantu mempermudah saya dalam memasarkan produk yang saya punya. Semoga dengan adanya pemaparan ini semakin banyak yang membeli kripik singkong ini” ujar Pak Mulyono.