Perubahan Berkelanjutan: Pemanfaatan Sampah Organik Menjadi Biogas oleh Tim Mahasiswa KKN Undip

Perubahan Berkelanjutan: Pemanfaatan Sampah Organik Menjadi Biogas oleh Tim Mahasiswa KKN Undip

 



wirausahanesia.comPada tanggal 5 Februari 2024, Tim KKN 1 Universitas Diponegoro Desa Kateguhan melakukan sosialisasi dan pelatihan mengenai pembuatan digester biogas sederhana melalui pemanfaatan sampah organik kepada karang taruna Dusun Kwaron di balai dusun kwaron, Desa Kateguhan, Kec. Tawangsari, Kab. Sukoharjo. 

Salah satu permasalahan serius yang terjadi di Desa Kateguhan yaitu peningkatan limbah rumah tangga, limbah kuliner, dan limbah pasar. Hal itu dikarenakan Desa Kateguhan merupakan pusat keramaian di Kecamatan Tawangsari. Oleh karena itu, diperlukan pengolahan dan pemberdayaan khusus dan tepat untuk mengurangi dan menanggulangi terjadinya peningkatan sampah tersebut. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan pembuatan digester biogas sederhana. Dengan menggunakan digester biogas, limbah organik dapat dimanfaatkan secara lebih baik daripada hanya dibuang begitu saja, sehingga membantu mengurangi pencemaran lingkungan.

Biogas adalah energi yang dihasilkan oleh limbah organik, dan akan melaui proses urai yang dilakukan di ruang kedap udara yang disebut anaerobicdigester dengan kandungan utama dalam biogas adalah metana dan karbondioksida. Biogas menjadi energi terbarukan yang ramah lingkungan yang dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pengganti gas LPG dan sisa hasil proses pengomposan dalam digester juga menghasilkan pupuk organik cair (POC) yang kaya nutrisi. 

Mengingat Desa Kateguhan merupakan desa yang didominasi oleh kawasan pertanian diharapkan pupuk organik cair hasil pengomposan biogas tersebut dapat digunakan dalam pertanian, meningkatkan kesuburan tanah dan hasil panen sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani. Selain itu bagi masyarakat umum pupuk tersebut juga dapat dijual sehingga dapat menambah pendapatan bagi mereka.

Dalam kegiatan tersebut seluruh mahasiswa memaparkan berbagai materi yaitu materi mengenai sampah dan jenis-jenisnya, peta pesebaran titik sampah, penjelasan mengenai teknologi biogas, desain sederhana digester biogas, nilai ekonomis biogas, alat dan bahan beserta rincian biaya yang diperlukan untuk membuat digester biogas. Selain itu mahasiswa juga melakukan demo mengenai alat digester biogas yang sudah dirancang sebelumnya dan mengajarkan langkah-langkah praktis mulai dari pemilihan bahan baku, konstruksi digester, hingga penggunaan biogas yang dihasilkan untuk keperluan sehari-hari.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam menjaga lingkungan dengan memanfaatkan limbah organik sebagai sumber energi alternatif. Dengan memahami proses pembuatan dan manfaat biogas, diharapkan masyarakat dapat menerapkan teknologi ini dalam kehidupan sehari-hari mereka sehingga dapat membawa dampak positif bagi lingkungan, perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.



Penulis: 
Tim Mahasiswa KKN Undip Desa Kateguhan


Editor:
Achmad Munandar