Edukasi PEMILU sebagai Upaya Meningkatkan Partisipasi Pemilih PEMILU 2024

Edukasi PEMILU sebagai Upaya Meningkatkan Partisipasi Pemilih PEMILU 2024

 
Penyerahan X-banner yang berisi edukasi Pemilu kepada Perangkat Desa.

wirausahanesia.com - Tanon, Sragen (29/01/2024) - Mahasiswa KKN Ilmu Pemerintahan Universitas Diponegoro, Anantasya Putri, menggelar aksi nyata dalam program kerja Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan menyebarkan informasi dan edukasi mengenai pentingnya penggunaan hak pilih suara saat Pemilu di Desa Bonagung, Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen. 

Melalui program kerja Ini, Anantasya berhasil menjangkau seluruh sprektrum masyarakat, baik pemilih pemula maupun yang tua, dengan luaran berupa X Banner informatif yang di letakan di tempat strategis Desa Bonagung yakni kantor Balai Desa Bonagung.
 
Misi dari mahasiswa tidak hanya untuk meningkatkan partisipasi dalam Pemilihan Umum, tetapi juga untuk membentuk pemilih yang cerdas serta bertanggung jawab. Mahasiswa memberikan pemahaman mengenai pentingnya setiap suara yang diberikan, serta juga diberi pencerdasan mengenai macam-macam warna surat suara di Pemilu dan juga diberikan pencerdasan mengenai tata cara mencoblos di TPS pada hari h Pemilu yakni ditanggal 14 Februari 2024. Pada X banner juga di lengkapi barcode. Hal tersebut guna memudahkan warga untuk mengecek dan memastikan apakah warga telah terdaftar pada data pemilih.

Pak Eko, salah satu perangkat Desa mendukung penuh serta memberikan kesaksian atas program kerja ini, "kami berterima kasih atas adanya program kerja ini. Adanya X-Banner yang di letakan di kantor Balai Desa ini tidak hanya memberikan informasi tentang pentingnya hak suara dalam pemilu kepada warga kami, tetapi juga menginspirasi semangat demokrasi di tengah-tengah kami. Inisiatif ini memberikan kontribusi besar dalam membentuk pemilih yang lebih sadar dan bertanggung jawab." ungkap perangkat desa tersebut.

Mahasiswa juga berharap melalui program ini bisa memabangun masyarakat yang demokratis dan bisa menginspirasi segala generasi untuk menjadi pemilih yang sadar, memupuk semangat kebersamaan, dan membangun negeri dengan kedaulatan rakyat yang kuat.



Editor:
Achmad Munandar