Peluang Bisnis Rongsok dan Barang Bekas Ramah Lingkungan Sekaligus Cuan

Peluang Bisnis Rongsok dan Barang Bekas Ramah Lingkungan Sekaligus Cuan

 



wirausahanesia.com - Manusia sebagai makhluk hidup untuk memenuhi kebutuhannya tanpa sadar setiap hari memproduksi sampah. Baik sampah organik maupun unorganik yang tidak serta merta bisa direduksi alam secara alami.

Bersama dengan kemajuan teknologi pengemasan makanan dan minuman, manusia setiap hari ikut andil memproduksi sampah dari kemasan hal yang dimakan dan diminum. Belum lagi aneka perabot elektronik yag telah rusak menambah daftar panjang rongsokan yang bakal jadi masalah bagi alam.

Sampah bagi banyak masyarakat dipandang sebagai masalah, bukan tanpa alasan karena faktanya memang demikian. Tapi bagi sebagian lagi sampah sama dengan cuan.

Bisnis barang bekas dan rongsokan ini bisa jadi cuan jika ditelateni, tapi sebelumnya harus effort untuk mencari dan mengumpulkan serta memisahkan mana sampah plastik, kertas dan kardus, logam serta elektronik.

Sekilo sampah bahan kertas, kardus dan plsatik kemasan botol minuman biasanya dihargai Rp 1.000-2.000 per kilo gram, nanti di pusat pengepul atau pabrik daur ulang bisa lebih mahal.

Untuk jenis logam seperti besi bakal lebih mahal lagi harganya tapi banyak peminatnya. Khusus sampah elektronik seperti handphone, laptop, komputer, printer atau lainnya biasanya bernilai 5,000 hingga 50.000 terggantung kondisi, sebelum didaura ulang biasanya bagian-bagian komponen yang masih bagus bisa gunakan lagi baik sebagai sparepart service atau dijual per bagian tertentu.

Beda lagi dengan elektronik rumah tangga seperti kipas angin misalnya, beberapa pengepul rosok yang telaten biasanya akan memperbaiki dan dijual sebagai barang second, jangan salah banyak lho peminatnya biasa disebut dengan preloved, thrifting atau secondhand.

Jika sobat tinggal di desa bisa berkeling dari rumah ke rumah menanyakan ada barang rosok apa untuk dibeli, jika sobat di kota bahkan bisa menemukan tukang rosok yang berkeliling hingga larut malam, karena banyak sampah plastik dan kertas yang dihasilkan.

Demikian tadi sobat wirausahanesia postingan kita kali ini tentang Peluang Bisnis Rongsok dan Barang Bekas Ramah Lingkungan Sekaligus Cuan, semoga bermanfaat sampai jumpa.




Penulis
Symon SPS