Mahasiswa KKN TIM I UNDIP Melakukan Pelatihan Pembuatan Visual Demografi Berupa Piramida Penduduk Kepada Perangkat Desa Tanggulanom, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah

Mahasiswa KKN TIM I UNDIP Melakukan Pelatihan Pembuatan Visual Demografi Berupa Piramida Penduduk Kepada Perangkat Desa Tanggulanom, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah

 


wirausahanesia.comPiramida Penduduk merupakan alat analisis untuk menggambarkan komposisi penduduk menurut umur dan jenis kelamin (struktur penduduk). Mengetahui struktur penduduk sangat penting bukan saja mampu mendeskripsikan jumlah penduduk menurut umur dan jenis kelamin. Namun, struktur penduduk menginformasikan gambaran keadaan agregat penduduk di suatu wilayah yang selanjutnya juga mencerminkan bekerjanya peubah - peubah demografi dan non-demografi. Kemungkinan bekerjanya peubah-peubah tersebut dapat diketahui melalui piramida penduduk.

Bentuk piramida penduduk yang berbeda menunjukkan adanya perbedaan peristiwa - peristiwa demografi seperti kelahiran, kematian, dan migrasi. Misalnya, kelahiran dan kematian, di sekitar kelahiran dapat dilihat pada bentuk balok pada piramida bagian bawah. Peubah non-demografi seperti kesehatan ibu dan penggunaan obat-obatan terlarang (narkoba) dapat juga menjelaskan bentuk balok pada piramida bagian Tengah. Bentuk-bentuk tersebut dapat dibandingkan di antara jenis kelamin serta antar tahun.

Oleh karena itu para Mahasiswa Tim KKN I UNDIP melakukan pelatihan kepada perangkat desa melalui program kerja monodisiplin yaitu dalam membuat Visual Demografi Berupa Piramida Penduduk agar dapat dipraktikan pada data-data kependudukan di Desa Tanggulanom. 

Pelaksanaan program ini dilakukan pada bulan Januari 2024 dengan metode sosialisasi dan bimbingan secara langsung kepada perangkat Desa Tanggulanom. Pelatihan ini ditargetkan langsung kepada perangkat desa agar ilmu tentang pembuatan dan penyusunan Visual Demografi berupa Piramida Penduduk ini dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan di Desa Tanggulanom.





Editor:
Achmad Munandar