Mahasiswi KKN Undip Terobos Digitalisasi Akuntansi UMKM: Solusi Praktis Menuju Kemajuan Ekonomi Lokal

Mahasiswi KKN Undip Terobos Digitalisasi Akuntansi UMKM: Solusi Praktis Menuju Kemajuan Ekonomi Lokal

 


wirausahanesia.com Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia memegang peranan vital dalam perekonomian Indonesia, menyumbang lebih dari 60% atau sekitar Rp 8.573 Triliun setiap tahunnya. Namun, seringkali, perkembangan UMKM dipenuhi dengan tantangan, salah satunya adalah kurangnya pemahaman terhadap akuntansi, mengakibatkan pencatatan keuangan yang kurang terstruktur. Di Desa Kacepit, Kecamatan Selopampang, Kabupaten Temanggung, masalah serupa dialami oleh UMKM "Warung Angkringan Babaturan".

Menyadari pentingnya pencatatan akuntansi yang baik untuk kemajuan usaha, Grace Kristy Purba, mahasiswi KKN Tim 1 Universitas Diponegoro, berinisiatif untuk memberikan edukasi dan pelatihan tentang pencatatan akuntansi sederhana menggunakan Microsoft Excel. Program ini bertujuan untuk membantu pelaku UMKM agar dapat mengembangkan usaha mereka melalui pencatatan akuntansi yang lebih terstruktur, jelas, dan dapat menjadi alat komunikasi dalam pengambilan keputusan usaha.

Pelatihan ini disambut dengan antusias oleh para pelaku UMKM "Warung Angkringan Babaturan". Selain memberikan pelatihan, Grace Kristy juga menyediakan template file Microsoft Excel untuk pencatatan akuntansi sederhana beserta bookletnya, sehingga dapat digunakan secara berkelanjutan oleh UMKM tersebut.

Diharapkan, program ini dapat menjadi langkah awal dalam meningkatkan kemandirian UMKM di Desa Kacepit dan membantu mereka dalam menghadapi tantangan ekonomi yang ada. Melalui pendekatan praktis ini, diharapkan UMKM dapat lebih mudah untuk mengetahui kinerja usaha, merencanakan keuangan, dan mengambil keputusan yang lebih tepat demi pertumbuhan usaha yang berkelanjutan.



Editor:
Achmad Munandar